MODEL FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPIT ROUDLOTUL JANNAH

Main Article Content

Sri Wahyuni
Widyasari
La Ode Amril

Abstract





Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter religius dalam Islam yaitu berprilaku dan berakhlak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam pendidikan. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan  kualitatif dan metode studi kasus. Penelitian yang digunakan adalah Studi kasus. Sumber data primer dalam pnelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa, orang tua dan Data Sekunder yaitu dokumen-dokumen berupa data guru, data siswa, sarana prasarana dan lain sebagainya. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan reduksi data, displey data dan data collection. Hasil temuan di SMPIT Roudlotul Jannah dalam pembelajaran non akademik  menerapkan pembiasaan shalat fardhu dan sunnah berjama’ah, puasa setiap hari kamis, membacaa dan menghafal Alquran dan literasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan model full day school dalam pembentukan karakter religius itu meliputi kurikulum, sarana prasarana, manajemen yang baik dan kerjasama orang tua dengan sekolah. Kegiatan-kegiatan yang membentuk karakter religius siswa diantaranya: Membaca Alquran, Menghafal Alquran, membiasakan sholat sunnah dan fardhu berjama’ah, tepat waktu dan membiasakan perbuatan-perbuatan baik.





Article Details

How to Cite
Wahyuni, S., Widyasari, & La Ode Amril. (2023). MODEL FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPIT ROUDLOTUL JANNAH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(3). https://doi.org/10.30997/alkaff.v1i3.6537
Section
Articles

References

Conny, R. &. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kompas Gramedia.

Asmani, J. M. (2017). FULL DAY SCHOOL. Yoguakarta: Ar-Ruzz Media.

Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air dan Disiplin) DI SLB Alislah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 747-755.

Rofita. (2016). Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School

(FDS) di SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Tesis, 1-92.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam, 25-38.