MATEMATIKA PESERTA DIDIK SDN HARJASARI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LECTORA TERHADAP MINAT BELAJAR 01

Main Article Content

Sri Wahyuni
Widyasari
La Ode Amril

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lectora Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di SDN Harjasari 01 Kota Bogor. 1. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Posttest-Only Control Group Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Harjasari 01, dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol, pemilihan sampel dilakukan dengan random. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh minat belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lectora, berdasarkan hasil uji t (One Sampel T-test) diperoleh Signifikan = 0.018. dikatakan berpengaru karena signifikan 0.018 < 0.05 maka Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lectora terhadap minat belajar matematika matematika peserta didik kelas IV di SDN Harjasari 01, Kota Bogor.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S., Widyasari, & La Ode Amril. (2022). MATEMATIKA PESERTA DIDIK SDN HARJASARI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LECTORA TERHADAP MINAT BELAJAR 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6536
Section
Articles

References

Budyartati, Sri& Gemilang, Arni dkk. (2016). Problematika Pembelajaran diSekolah Dasar.Jawa Timur: CV. AE Media Grafika

Darmadi.(2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama

Daryanto.(2016). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media

Dian Purnama, Acep Ruswan, dan Monica Agustina. (2017). Hubungan Minat dan Hasil Belajar Permainan Tradisional Engklek Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Kota: Jakarta

Djaali, H &Mulyono, Pudji.(2017). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern.Yogyakarta: Garudhawaca

Femi Olivia. (2009). Membantu Anak Punyai Ingatan Super. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Habiby, W.N. (2017) Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University

Hanafi Nanda Yulingga. (2017). Statistik Pendidikan.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hanafiah,Nanang& Suhana,Cucu.(2013). Konsep Strategi Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Haruman.(2013). Model Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huriah, Titih. (2018). Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Indriani, Widyasari & Amril. L. (2019). Influence of problem based learning model about category student creative students on material number of class cless IV SDIT At-Thoriq. Didaktika Tauhid, 4

Istanti, Rini. (2015). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gadingan Kecamatan Wates.

Juanda, Rahma. (2017). Pengaruh PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Kota: Semarang

Kurnasih Imas, Sani Berlin. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Lestari, K.E & Ridwan, Mokhammad.(2015). Pene;itian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Lestari.K.E. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT. Revika Aditama

Nanda, Yulingga. (2017) Statistik Pendidikan.Yogyakarta: CV. Budi Utama

Offirstson,Tofic. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella.Yogyakarta: CV Budi Utama

Prasetyo T & Nisa K. (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Rasa Keingintahuan Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2):83-93.

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sani Fathnur, Farm. (2016). Metodologi Penelitian Farmasi, Komunikasi dan Eksperimental.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sani, Fathnur. (2016) Metodologi Pendidikan Farmasi Komunitas dan Eksperimental.Yogyakarta: CV. Budi Utama

Satrianawati.(2018). Media dan Sumber Belajar.Yogyakarta: CV Budi Utama

Siregar,Evaline, & Nara,Hartini. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Soimin Aris. (2014). Model Pengembangan Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR- Ruzz Media.

Sugiono.(2016). Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Supardi, (2014) Aplikasi Statistika dalam Penelitian.Jakarta: Change Publication.

Susanto,Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group

Suryan, (2018) Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Analistik Melalui Penggunaan Metode Problem Solving bagi Siswa Kelas XI MIPA 8 SMAN Surakarta pada Semester 1 Tahun 2017/2018.Jurnal. Surakarta: SMAN Surakarta.

Suwartono.(2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: CV Andi Offset

Thomas Tan. (2017). Teaching Is An Art. Yogyakarta: CV Budi Utama

Tompo,Basman. (2017). Membuat Aplikasi dan Media Pembelajaran Interaktif With Lectora Inspire 16. Yogyakarta: IGI DIY

Trianto.(2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Gro