PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP SIKAP MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Proses pembelajaran yang diterapkan dimanapun seharusnya dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran secara aktif. Guru ketika pembelajaran secara daring diterapkan harus mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat, tetapi berdasarkan fakta yang ada guru tidak menggunakan metode bahkan media yang tepat. Guru hanya memberikan tugas kepada siswa tanpa ada penjelasan materi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, khususnya di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas IV A dan 26 siswa kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Kelas eksperimen dilaksanakan dengan adanya perlakuan yang menggunakan media audio visual sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan media konvensional. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan one sample t-test memperoleh hasil 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap matematis siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual lebih dari 25 atau artinya siswa yang memiliki skor lebih dari 25 memiliki sikap positif terhadap matematika. Dalam hal ini seluruh siswa di kelas eksperimen mendapatkan skor lebih dari 25 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap sikap matematis siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aliyyah, RR, And Y Malia. "Peningkatan Hasil belajar ipa Melalui penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran sifat-Sifat Cahaya." Didaktika Tauhidi, 2016: 87.
Hayati, Najmi, M Yusuf Ahmad, And Febri Harianto. "Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Bangkinang Kota." Jurnal Al-Hikmah Vol 14 No 2, 2017: 164. Kusaeri. "Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Inovasi Pendidikan, 2018: 3.
Lathifah, Z. K., Adri, H. T., Inesia, I., Utami, S., & Sya, F. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557
Najoan, Roeth O. Strategi Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Di Sekolah Dasar. Sulawesi Utara: Yayasan Makaria Waya, 2019.
Purwono, Joni, Sri Yutmini, And Sri Anitah. "Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan." Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2014: 129
Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2012.
Satrianawati. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Siagian, Daut Muhammad. "Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika." Mes (Journal Of Mathematics Education And Science), 2016: Vol. 2, No. 1.
Siregar, Wilda Agustina. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Huristak." Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2018: 131.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfabeta, 2016.
Wahab, Rohamalina. Psikologi Belajar. Palembang: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Wandini, Rora Rizki, And Oda Kinata Banurea. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: Widya
Puspita, 2019.Yusuf, D. A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.