PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP SIKAP MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

Indah Suci Pratiwi
Rusi Rusmiati Aliyyah
La Ode Amril
Annissa Mawardini

Abstract





Abstrak: Proses pembelajaran yang diterapkan dimanapun seharusnya dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran secara aktif. Guru ketika pembelajaran secara daring diterapkan harus mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat, tetapi berdasarkan fakta yang ada guru tidak menggunakan metode bahkan media yang tepat. Guru hanya memberikan tugas kepada siswa tanpa ada penjelasan materi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, khususnya di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas IV A dan 26 siswa kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Kelas eksperimen dilaksanakan dengan adanya perlakuan yang menggunakan media audio visual sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan media konvensional. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan one sample t-test memperoleh hasil 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap matematis siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual lebih dari 25 atau artinya siswa yang memiliki skor lebih dari 25 memiliki sikap positif terhadap matematika. Dalam hal ini seluruh siswa di kelas eksperimen mendapatkan skor lebih dari 25 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap sikap matematis siswa.





Article Details

How to Cite
Suci Pratiwi, I., Rusmiati Aliyyah, R. ., La Ode Amril, & Mawardini, A. . (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP SIKAP MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 138–150. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.13201
Section
Articles

References

Aliyyah, RR, And Y Malia. "Peningkatan Hasil belajar ipa Melalui penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran sifat-Sifat Cahaya." Didaktika Tauhidi, 2016: 87.

Hayati, Najmi, M Yusuf Ahmad, And Febri Harianto. "Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Bangkinang Kota." Jurnal Al-Hikmah Vol 14 No 2, 2017: 164. Kusaeri. "Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Inovasi Pendidikan, 2018: 3.

Lathifah, Z. K., Adri, H. T., Inesia, I., Utami, S., & Sya, F. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557

Najoan, Roeth O. Strategi Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Di Sekolah Dasar. Sulawesi Utara: Yayasan Makaria Waya, 2019.

Purwono, Joni, Sri Yutmini, And Sri Anitah. "Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan." Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2014: 129

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2012.

Satrianawati. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Siagian, Daut Muhammad. "Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika." Mes (Journal Of Mathematics Education And Science), 2016: Vol. 2, No. 1.

Siregar, Wilda Agustina. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Huristak." Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2018: 131.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfabeta, 2016.

Wahab, Rohamalina. Psikologi Belajar. Palembang: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Wandini, Rora Rizki, And Oda Kinata Banurea. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: Widya

Puspita, 2019.Yusuf, D. A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.