ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TUNARUNGU DALAM MENUNTASKAN MASALAH OPERASI HITUNG

Main Article Content

Dewi Kania
La Ode Amril
Helmia Tasti Adri

Abstract





Kemampuan cara berpikir matematis ialah kemampuan mengeksplorasi, menetapkan praduga serta menetapkan alasan logis agar dapat menuntaskan masalah yang berkaitan dengan matematika. Penyelesaikan masalah dalam konteks nyata selalu berkaitan dengan menghitung bilangan serta sering dialami oleh berbagai pihak, begitupun juga dialami oleh siswa tunarungu. Sehingga, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan masalah pada operasi menghitung bilangan harus dikuasai. Tujuan pada analisis ini yaitu untuk mengetahui kecakapan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan permasalahan pada operasi meghitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar. Analisis ini dilakukan menggunakan prinsip kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, hasil tes, dan observasi. Validasi yang dilakukan yaitu uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Perolehan hasil analisis yaitu, kemampuan cara berpikir matematis siswa tunarungu dalam menuntaskan masalah menghitung bilangan di SLB-B tingkat sekolah dasar, yaitu para siswa tunarungu memiliki kecapan dalam menuntaskan masalah menghitung bilangan secara sederhana. Pendekatan dalam menuntaskan masalah selalu mengasosiasikan permasalahan dengan kehidupan nyata para siswa tunarungu. Kepercayaan para siswa tunarungu terhadap matematika dipengaruhi oleh pemahaman konsep menghitung bilangan pada masing-masing siswa. Kemampuan para siswa tunarungu dalam meyakinkan jawaban penyelesaian masalah menghitung bilangan, yaitu  memiliki keyakinan yang tinggi pada menghitung bilangan penjumlahan serta pengurangan, sedangkan keyakinan yang rendah pada menghitung bilangan perkalian serta pembagian.





Article Details

How to Cite
Kania, D., La Ode Amril, & Helmia Tasti Adri. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN CARA BERPIKIR MATEMATIS SISWA TUNARUNGU DALAM MENUNTASKAN MASALAH OPERASI HITUNG. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8155
Section
Articles

References

Amril, L. O., Darhim, & Juandi. (2020). Deaf Student and Mental Act in Mathematics Problem Solving. Indonesian Journal of Social Research, 2 (1), 2.

Amril, L. O., Darhim, & Juandi, D. (2020). Development of Mathematics Learning Media to Improve Mathematics Attitude of Deaf Students. Talent Development & Excellence, 12 (2s), 958.

Bakar, M. T., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). The Different Way of Understanding and Way of Thinking between Gender on the Problem the linear Equations of Two Variabels. Journal of Pysics: Conference Series, (4), 2.

Harel, G. (2008, July 03). DNR Perspective on Mathematics Curriculum and Instruction, Part I: Focus on Proving. Retrieved from Springer Link: https://link.springer.com/article/10.1007/s11858-008-0104-1

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Teaching Physics, 34 (5), 294-295.

Hasmira. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematik pada Siswa TUnarungu Kelas Dasar III di SLB YPAC Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Reseacher's Companion. London: Sage Publication.

Lelyana, M. L. (2017). Interaksi Sosial antar Tunarungu dan Anak Tunarungu dengan "Anak Dengar". Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Analisis Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2015). Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar BIasa (SLB) Khusus Tunarungu Karnamanahara Yogyakarta Tingkat SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mumpuarniati. (2011). Modul Pembelajaran Matematika bagi Siswa Berkebutuhan Khusus jenjang SDLB. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Analisis Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulaimah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa Kelas II SDN Kledokan Depok dengan Menggunakan Metode Permainan Kartu. Yogyakarta: Unversitas Negeri Yogyakarta.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 3 (24), 4.

Yin, R. K. (2002). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Zaenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.