PENGEMBANGAN BUKU ANTOLOGI PUISI MAHASISWA BERBASIS BUDAYA SUNDA

Main Article Content

Ninda Audia Suci Mutiara
Helmia Tasti Adri
Willis Firmansyah

Abstract





 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan pengembangan buku antologi puisi mahasiswa berbasis budaya sunda. Tujuan pengembangan buku tersebut adalah untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap kebudayaan sunda melalui puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan buku antologi puisi mahasiswa, penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan model Borg & Gall memiliki sepuluh tahap pengembangan yaitu:  (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal, di mana pada penelitian ini digunakan hingga tahapan ketujuh. Pengembangan buku antologi puisi mahasiswa berbasis budaya sunda divalidasi oleh ahli yang merupakan dosen bahasa dan ahli kebahasaan Sunda. Setelah divalidasi oleh ahli, Buku yang dikembangkan diuji coba terbatas kepada 9 orang mahasiswa jurusan PGSD di Universitas Djuanda. Adapun hasil penilaian dari ahli yang telah dilakukan memperoleh penilaian dari skala 4 dengan rata-rata 3,25 dari total skor 39 penilaian ahli materi dengan kategori Baik dan hasil uji coba produk terbatas dari skala 4 mendapatkan 33,2 dari total skor 229, maka sesuai dengan kriteria skor Baik





Article Details

How to Cite
Suci Mutiara, N. A., Helmia Tasti Adri, & Willis Firmansyah. (2023). PENGEMBANGAN BUKU ANTOLOGI PUISI MAHASISWA BERBASIS BUDAYA SUNDA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 162–171. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8214
Section
Articles

References

Ahsin, M.N. (2017). Analisis Struktur dan Nilai Konservasi Beberapa Puisi pada Antologi Puisi “Bersiap Menjadi Dongeng”. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1): 17–26

Aminudin. (2008). Kreatif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tangerang: Citralab.

Dalman.(2018). Keterampilan Menulis. RajaGrafindo Persada.

Ekajati, E. (1993). Kebudayaan Sunda, Suatu Pendekatan Sejarah Jilid 1. Jakarta : Pustaka Jaya.

Fitriyani, A. (2010). Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai. Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda. Jurnal Sosietas, 5(2), 43-44

Fiqi Nurmanda Sari. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Palembang: Magister Pendidikan Bahasa Universitas Sriwijaya

Gloriani, Y., & Setiawan, A. (2013). Perbedaan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Isi Puisi Dengan Menggunakan Teknik Membaca Puisi dan Teknik Menyimak Puisi Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibeureum Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia,2(1), 573–580.

Huliatunisa, Y,.& Oktaviani, V. (2020). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V7 N2 Oktober 2020:121-133

Kardian, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Puisi Dengan Menggunakan Metode Course review Horay, Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 11(1), 15-22.

Koentjaraningrat. 1982. Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta:Djambatan.

Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

MARWATI, S. (2016). KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 3 LANGGIKIMA KABUPATEN KONAWE UTARA. JURNAL BASTRA, 1(01).

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda sebagai Media Pembelajaran.Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1): 70-82.

Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Gadjah Mada University Press.

Rina, Farida A . (2015). Mengenal Budaya Sunda Lebih Dekat. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Sedyawati, Edi. (2014). Kebudayaan di Nusantara. Depok: Komunitas Bambu

Saputra, A. (2009). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan. Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01(01), h. 6-7

Somad, Adi Abdul. (2010). Mengenal Berbagai Karya Sastra. Bekasi: Adhi Aksara Abadi Indonesia.

Sugiono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti dan,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugono, D. (2003). Buku Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Pertama). Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Suryalaga, H. (2013). PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI. Jurnal Sosietas, Vol. 5(2).43-44

Tampubolon, W. A., Natsir, M., & Setyowati, R. (2019). APHASIA IN THEORY OF EVERYTHING’S MOVIE. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 3(4), 477-484.