PENGEMBANGAN BUKU ANTOLOGI PUISI MAHASISWA BERBASIS BUDAYA SUNDA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan pengembangan buku antologi puisi mahasiswa berbasis budaya sunda. Tujuan pengembangan buku tersebut adalah untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap kebudayaan sunda melalui puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan buku antologi puisi mahasiswa, penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan model Borg & Gall memiliki sepuluh tahap pengembangan yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal, di mana pada penelitian ini digunakan hingga tahapan ketujuh. Pengembangan buku antologi puisi mahasiswa berbasis budaya sunda divalidasi oleh ahli yang merupakan dosen bahasa dan ahli kebahasaan Sunda. Setelah divalidasi oleh ahli, Buku yang dikembangkan diuji coba terbatas kepada 9 orang mahasiswa jurusan PGSD di Universitas Djuanda. Adapun hasil penilaian dari ahli yang telah dilakukan memperoleh penilaian dari skala 4 dengan rata-rata 3,25 dari total skor 39 penilaian ahli materi dengan kategori Baik dan hasil uji coba produk terbatas dari skala 4 mendapatkan 33,2 dari total skor 229, maka sesuai dengan kriteria skor Baik
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ahsin, M.N. (2017). Analisis Struktur dan Nilai Konservasi Beberapa Puisi pada Antologi Puisi “Bersiap Menjadi Dongeng”. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1): 17–26
Aminudin. (2008). Kreatif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tangerang: Citralab.
Dalman.(2018). Keterampilan Menulis. RajaGrafindo Persada.
Ekajati, E. (1993). Kebudayaan Sunda, Suatu Pendekatan Sejarah Jilid 1. Jakarta : Pustaka Jaya.
Fitriyani, A. (2010). Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai. Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda. Jurnal Sosietas, 5(2), 43-44
Fiqi Nurmanda Sari. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Palembang: Magister Pendidikan Bahasa Universitas Sriwijaya
Gloriani, Y., & Setiawan, A. (2013). Perbedaan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Isi Puisi Dengan Menggunakan Teknik Membaca Puisi dan Teknik Menyimak Puisi Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibeureum Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia,2(1), 573–580.
Huliatunisa, Y,.& Oktaviani, V. (2020). Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V7 N2 Oktober 2020:121-133
Kardian, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Puisi Dengan Menggunakan Metode Course review Horay, Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 11(1), 15-22.
Koentjaraningrat. 1982. Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta:Djambatan.
Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
MARWATI, S. (2016). KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 3 LANGGIKIMA KABUPATEN KONAWE UTARA. JURNAL BASTRA, 1(01).
Makarim, H., Holipah, S., & Helmi. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Kebudayaan Sunda sebagai Media Pembelajaran.Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1): 70-82.
Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Gadjah Mada University Press.
Rina, Farida A . (2015). Mengenal Budaya Sunda Lebih Dekat. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Sedyawati, Edi. (2014). Kebudayaan di Nusantara. Depok: Komunitas Bambu
Saputra, A. (2009). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan. Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01(01), h. 6-7
Somad, Adi Abdul. (2010). Mengenal Berbagai Karya Sastra. Bekasi: Adhi Aksara Abadi Indonesia.
Sugiono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti dan,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugono, D. (2003). Buku Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Pertama). Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Suryalaga, H. (2013). PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI. Jurnal Sosietas, Vol. 5(2).43-44
Tampubolon, W. A., Natsir, M., & Setyowati, R. (2019). APHASIA IN THEORY OF EVERYTHING’S MOVIE. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 3(4), 477-484.