PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD NEGERI CITEUREUP 05

Main Article Content

Fitriana Yulia Citra
Willis Firmansyah
Sobrul Laeli
Yusuf Safari

Abstract

observasi ini bermaksud buat mengetahui tingkat Pengaruh Percaya Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 5 SDN CITEUREUP 05 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam observasi ini ialah metode korelasional fungsional. Hasil observasi membuktikan sebenarnya tingkat pengaruh percaya diri mengenai motivasi belajar memiliki nilai yang signifikan. Berdasarkan hasil output koefisien korelasi fungsional diketahui bahwa pengaruh variabel percaya diri dan motivasi belajar sebesar 0,455 artinya tingkat pengaruh antara variabel percaya diri (x1) dan variabel motivasi belajar (x2) sebesar 4,55. Hasil ini menunjukan korelasi fungsional percaya diri  sangat baik mengenai motivasi belajar.

Article Details

How to Cite
Citra, F. Y., Willis Firmansyah, Sobrul Laeli, & Safari, Y. (2023). PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD NEGERI CITEUREUP 05. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(3). https://doi.org/10.30997/alkaff.v1i3.8714
Section
Articles

References

Abdullah R. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

F Agnia & WRR Hayu. (2017). METODE SOSIODRAMA BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4.

Hamzah. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya analisis dibidang pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Karlinawati. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendiidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2):83-86

Mawardi. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJARSISWA KELAS V SD NEGERI TANGERANG 6 KOTA TANGERANG. CENDEKIA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

M,Nur Gufron & Rini, (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Nyayu Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rakhmat. (2019). Psikologi Komunikasi edisi revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Reza Syahrul & Diana (2015). Pengembangan Diri Konsep da Implementasi. Jakarta Pusat: PT Mandala Nasional.

Sardiman, (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sujarweni, V.W. (2019). Metode Penelitian.Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono, H. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dari Konsep Dasar. Surabaya : PT. Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya (2018). Kurikulum dan Pembelajaran teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.