ANALISIS STRUKTUR DAN POLA KALIMAT DALAM PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS
Main Article Content
Abstract
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang dapat digunakan secara global. Untuk dapat mengikuti perkembangan globalisasi yang begitu pesat, setiap orang harus belajar dan menguasai bahasa Inggris, karena bahasa Inggris semakin dibutuhkan hampir di semua aspek dan bidang. Dalam Bahasa inggris, diperlukan pemahaman tentang aturan atau tata bahasa untuk menyusun sebuah kalimat dalam bahasa inggris. Tenses merupakan susunan kalimat yang menunjukkan bentuk waktu dan kapan suatu peristiwa terjadi. Pemahaman yang baik tentang tata bahasa, termasuk penggunaan tenses sangat penting. Namun, masih banyak mahasiswa yang belum menguasai tenses dalam percakapan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan tenses dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode analisis studi literatur, dengan memberikan contoh percakapan dan menjelaskan penggunaan setiap tenses berdasarkan konteksnya. Hasil dari analisis ini, kita dapat mengetahui bahwa tenses tidak hanya memberikan kerangka waktu pada bahasa Inggris, tetapi juga menjadi alat yang sangat penting dalam membentuk makna dan mengekspresikan ide-ide secara tepat. Oleh karena itu, penguasaan tenses bukan hanya menjadi keterampilan bahasa, melainkan suatu elemen kunci dalam menghasilkan komunikasi yang efektif dan kohesif dalam bahasa Inggris.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Bety, W. S., Utami, E., Al fatta, H., Al Fatta, H., & Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta, M. (2015). PENERAPAN KONSEP GAMIFICATION PADA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB (Vol. 5, Issue 2). https://stmikpontianak.ac.id/ojs/index.php/ST/article/download/87/95
Byslina, M. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Artikel, 152(3), 28. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Galih, V. P., Wawa, W., & Hermansyah, A. (2020). Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android. E-Proceeding of Applied Science, 3(3), 1558.
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-
ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2023). School policy and support in creating English learning as a foreign language that contains character and Tawhid values. 050007. https://doi.org/10.1063/5.0142466
Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493
Linda, C., & Nasir, M. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIMPLE PRESENT TENSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 357–364.
Sinaga, R., Nainggolan, J., Batu, S. P. E., Aditia, R., Turnip, D. Y., Herman, H., Marbun, R. M. Y., Tiodora, F. S., & Elina, L. R. (2023). Sosialisasi Pentingnya Mengenal Tenses dengan Baik di SMP Negeri 1 Siantar. 2(2), 90–99.
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., & Latifah, Z. K. (2021). INDONESIAN LEARNING: TOWARDS THE ACADEMIC ACHIEVEMENT OF COMMUNICATIVE COMPETENCE. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189.
Yuswardi, Y., Zulkarnaini, I., & Rizani, F. (2021). Fitur Tata Bahasa Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Web. Jurnal Tika, 6(01), 35–43. https://doi.org/10.51179/tika.v6i01.411
Wicaksono, A. (2010). The New Complete English Grammar. Dalam Jakarta: Pustaka Ilmu.