PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN CITEREUP 01

Main Article Content

Endah Nurjanah
Siti Pupu Fauziah
Annisa Mawardini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan yang ditemui di kelas V SDN Citereup 01. Masalah yang ditemui adalah Pembelajaran IPA lebih cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran kooperatif juga jarang digunakan di Sekolah SDN Citereup 01, Nilai IPA sebagian besar peserta didik masih di bawah KKM.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat memahami  keterkaitan antara metode yang diterapkan oleh peneliti dengan pencapaian belajar IPA V SDN Citereup 01,setelah mengetahui atau memahami tujuan secara bersama dengan anggota grup yang lain  dan percobaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Citereup 01, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek siswa Kelas V SDN Citereup yaitu sebanyak 50 siswa dari dua kelas. Menggunakan teknik interview, percobaan, dan pengumpulan berkas.

Hasil akhir penelitian t-test pada ilmu pengetahuan alam  nilai signifikansi 0,095>0,05. Berlandaskan hitungan eksplorasi bisa ditarik sebuah pengertian yaitu metode pengkajian TGT  Tidak Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Citereup 01.

Article Details

How to Cite
Nurjanah, E., Fauziah, S. P., & Mawardini, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN CITEREUP 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1674
Section
Articles

References

Al-tabany, badar.,2014. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: PT Prenada Media.
Amri, Sofan., 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Arikunto, suharsimi., 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Haryanto.,2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jihad, Asep., 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Nazir Moh., 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Pitriana, Lathifah, Z. K., & Makarim, Z. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 151-169.
Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RASA KEINGINTAHUAN SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83-93.
Purwanto, Ngalim., 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman., 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sagala, Syaiful., 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Setyosari Punaji., 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Shoimin, Aris., 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Siregar, Eveline., 2015. Teori belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia