PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

Yuniar Riness
Radif Khotamir Rusli
Irwan Efendi

Abstract





Penelitian yang bertujuan agar dapat mengetahui gambaran penggunaan pembelajaran pada Metode Problem Solving dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD, melihat hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SD dan mengetahui bagaimana hasil dari diterapkannya metode problem solving tentang hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebasnya ialah metode problem solving dan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Populasi dalam penelitian inii adallah seluruh siswa kelas V.SDN Kedung Badak 1 Bogor yang berjumlah 63 siswa. Dalaam penelitiian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 32 siswa menggunakann metode problem solving dan VB sebanyak 31 siswa menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik analisis data yang dipakai oleh dalam penelitian ini adalaah analisis deskriptif statistik. Pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung badak 1 Bogor termasuk pada kategori baik, hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen pada umumnya termasuk pada kategori tinggi sedang pada kelas control termasuk pada kategori sedang. Dengan digunakannya metode tersebut maka terdapat pengaruh positif pada hasil belajar dalam pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung Badak 1 Bogor. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji t, pada kelaseksperimen dan kelaskontrol diketahui nilai thitung  4,045 > nilai ttabel 1,99962 value. Maka, hasilakhir uji independent sample t-test menunjukkan kalau ada pengaruh pada hasil belajar siswa yang memakai metode problem solving dengan siswa yang memakai pebelajaran secara konvensional. Dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika.





Article Details

How to Cite
Riness, Y., Radif Khotamir Rusli, & Irwan Efendi. (2023). PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/9423
Section
Articles

References

Hudojo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya Di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Imron, A. (2003). Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.