PENERAPAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Iis Naenia
Radif Khotamir Rusli
Zahra Fitrah Raja Guk Guk

Abstract





Abstrak: Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa dibawah pengawasan guru. Pemilihan sekolah merupakan salah satu hal yang sangat penting dikarenakan dapat mempengaruhi pendidikan di masa depan. Persoalan muncul disaat banyaknya pilihan sekolah yang memberikan beragam tawaran dan pilihan kepada calon siswanya. ANP adalah metode yang digunakan untuk menentukan suatu kepastian dari banyaknya kriteria yang saling berhubungan serta memberikan timbal balik secara sistematis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran dari perhitungan ANP dengan teknik pengumpulan data yang berbentuk observasi, wawancara, dan kuisioner serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh mengunakan metode ANP, yang menjadi perioritas dalam strategi memilih sekolah lanjutan tingkat menengah pertama adalah biaya dengan nilai geomean sebesar 0,67 (67 %), disusul oleh staff pengajar dengan rata-rata 0,46 (46 %), alumni 0,39 (39 %), akreditasi 0,20 (20 %), fasilitas 0,14 (14 %) dan terakhir adalah lokasi dengan nilai 0,12 (12 %).  Sedangkan pemilihan sekolah yang disarankan dengan mempertimbangan kualifikasi yang ada adalah  SMP 16 Depok menjadi urutan pertama sebagi rekomendasi sekolah lanjutan tingkat pertama dengan nlai geomean 0,26 (26 %).





Article Details

How to Cite
Naenia, I., Radif Khotamir Rusli, & Zahra Fitrah Raja Guk Guk. (2023). PENERAPAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT MENENGAH PERTAMA . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8713
Section
Articles

References

Burhan, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Devi, A. (2015, Maret 13). Metode Penelitian ANP. Retrieved from abristadevi.: https://abristadevi.wordpress.com/2015/08/13/home/

Endri. (2009). Permasalahan Pengembangan Sukuk Korporasi di Indonesia Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP). Jurnal Keuangan dan perbankan, 371.

Hasan, S. H. (2016). Perkembangan pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 24-26.

Pandi, Sony. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi. Menulis kita.

Pratiwi, Z. E. (2016). PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MI MUHAMMADIYAH BOLON COLOMADU KARANG ANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 . Jurnal Pendidikan, 27.

Prind Triajeng Pungkasanti; Titis Handayani. (2017). PENERAPAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. JURNAL TRANSFORMATIF, 67-68.

Shofwatul ‘Uyun, Yuni Madihatun. (2011). MODEL REKOMENDASI BERBASIS FUZZY UNTUK PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS . JURNAL INFORMATIKA, 440.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin, Anzizhan. (n.d.). Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Grasind