KONSEP PENDIDIKAN ANAK BERDASARKAN HADIST NABI: PEDOMAN UNTUK MEMBIMBING GENERASI BERTAKWA

Main Article Content

Muhammad Najmi Haqqoni
Nisa Fariha Amalia putri
Muhammad Rendi Ramdhani

Abstract

Pendidikan anak merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan masa depan mereka. Adapun penelitian ini bertujuan untuk dapat dijadikan pedoman bagi seorang muslim dalam hal mendidik anak agar dapat menjadi generasi bertakwa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi literatur atau disebut juga studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah dikemukakannya hadis-hadis tentang pendidikan bagi anak yang dapat dijadikan pedoman bagi orang tua dalam mendidik anak mulai dari memberikan nama kepada anak, memberikan pendidikan terbaik pada anak, hingga mewajibkan anak untuk beribadah kepada Allah SWT. Dapat diartikan bahwasannya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan pendidikan anak. Besar harapan kami penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi orang tua dalam hal pendidikan anak.


Kata kunci: Pendidikan anak, hadist- hadist, islam, pengajaran yang tepat, generasi bertakwa

Article Details

How to Cite
Najmi Haqqoni, M. ., Amalia putri, N. F., & Rendi Ramdhani, M. . (2023). KONSEP PENDIDIKAN ANAK BERDASARKAN HADIST NABI: PEDOMAN UNTUK MEMBIMBING GENERASI BERTAKWA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/9328
Section
Articles

References

Ahmad Zainal Abidin, Memperkembang dan Mempertahankan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 2000), hlm. 13.

Darmadi, H. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2011).

Jamal AR, Mendidik Anak Menurut Rasulluah (Semarang: Pustaka Nuun, 2008), hlm. 23-24.

T. ihram dan H. Darsono, Penerapan Fiqih untuk Kelas IX Madrasah Tsanawiyah, (Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009), hlm. 11-12.

Ahmad Sunarto, Menuju Pribadi yang Shaleh, (Surabaya: Media Idaman, 1991), hlm. 27.

Jamal AR, Mendidik Anak Menurut RAsulluah (Semarang: Pustaka Nuun, 2008), hlm. 23-24.

Sugiyono dan Mukarom Faisal Rosidin, Hadits Madrasah Aliyah Program Keagamaan Kelas XII, (Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Tengah, 2010-2011), hlm. 17-18

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. (Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008).

Abdul Hafiz & Hasni Noor, 2016, Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alqur’an, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

Abdullah Nasih Ulwan, 1996. Pendidikan Anak Menurut Islam, Bandung, PT Remaja Rodaskarya.

Ach Puniman, Kadarisman, 2017. Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 1.No.1

Desmita,2006. Psikologi Perkembangan, bandung, PT Remaja Rodaskarya.

Elfa Yuliana, 2018, Konsep Pendidikana Anak Dalam Al-qur’an dan Al-hadist, Jurnal Al- Irfani.vol2.no.1

Ilyas Asnelly.1991. mendambakan Anak Shaleh, Yogyakarta, Albayan.

Jamal Abdur Rahman, 2005. Tahapan Mendidik Anak, Bandung, Irsyad Baitus Salam.

Lis Yulianti Syafrida Siregar,2016. Pendidikan Anak Dalam Islam.Vol 1.No 2

Mansur, 2009. Pendidikan Anak usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Munir Samsul,2007. Menyiapkan Masa Depan Anak Secara islami, Jakarta, Hamzah.

Mufatihatur Taubah, 2015. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol.3 No.1

Suryadi, 2006. Anak Dalam Perspektif hadits, Jurnal Musawa, vol 4. No.2

Sulaiman Saat, 2010. Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an, Jurnal Lentera Pendidikan Vol.13.No.1

Uhbiyati Nur, 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam, Semarang, Pustaka Riski Putra