PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 KOTA BOGOR

Authors

  • Atik Dwi Purwanti Universitas Djuanda
  • Amir Mahrudin Universitas Djuanda
  • Muhammad Rendi Ramdhani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13350

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Metode Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pada pembelajaran kurikulum merdeka, kurikulum ini menguatkan pembelajaran terdiferensiasi yang disesuaikan dengan tahap capaian peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mendorong guru untuk menggunakan berbagai metode pengajaran untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan kurikulum merdeka di MAN 2 Kota Bogor terutama dalam aspek metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka, sehingga dinilai cukup baik. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sesuai dengan konsep kurikulum merdeka yaitu metode belajar berbasis student centered. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka dari Kemendikbud dan Kemenag, dan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya, pendidik mengupayakan untuk menggunakan metode yang berpusat kepada peserta didik.

References

Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(2), 99. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V1i2.4778

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. . (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press.

Anggreini, C., Ahman, E., Waspada, I., Pascasarjana, S., & Bandung, U. P. I. (N.D.). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pelajaran Ekonomi Materi Pajak A . Pendahuluan Pendidikan Merupakan Suatu Proses Yang Diperlukan Untuk Mendapatkan Keseimbangan Dan Kesempurnaan Dalam Perkembangan Individu Maupun Masyarakat . Penekanan Pendidikan . Ix(2), 80–94.

Febilasari, D., & Yunita, Y. (2023). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(1), 16–22.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Dan Studi Kasus. Cv. Jejak.

Ismail, A. (2019). Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah. Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 249–270. Https://Doi.Org/10.14421/Almahara.2019.052-06

Jogiyanto, H. M. (2006). Filosofi, Pendekatan, Dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Andi.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (N.D.). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik Dan Pembelajaran Berkualitas.

Kepmendikbud Ristekdikti. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.

Lathifah, Z. K., Rusli, R. K., Prasetyo, T., Febrianisya, M., Kholik, A., & Suherman, I. (2022). Analysis On The Impact Of The Mbkm Program On Improving The Competence Of Teacher Training Students: A Study Of Student Perceptions Of The Teacher Training And Education Faculty. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan,

(3), 354–363. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i3.5333

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Cv Irdh.

Mariyam, S. N., Dwiastuti, S., & Karyanto, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Dengan Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Bio-Pedagogi, 3(1), 55–66.

Mubarak, H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Cv. Pustaka Turats Press.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. 19(2), 251–262. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.17509/Jik.V19i2.45301

Struktur Kurikulum Sma / Ma. (N.D.).

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, Dan Operasionalnya. Akademia Pustaka.

Wijaya, J. I. (2020). How To Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, Dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Dwi Purwanti, A., Mahrudin, A. ., & Rendi Ramdhani, M. . (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 KOTA BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 185–193. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13350
Abstract viewed = 0 times