PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13350Keywords:
Kurikulum Merdeka, Metode Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pada pembelajaran kurikulum merdeka, kurikulum ini menguatkan pembelajaran terdiferensiasi yang disesuaikan dengan tahap capaian peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mendorong guru untuk menggunakan berbagai metode pengajaran untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan kurikulum merdeka di MAN 2 Kota Bogor terutama dalam aspek metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka, sehingga dinilai cukup baik. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sesuai dengan konsep kurikulum merdeka yaitu metode belajar berbasis student centered. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka dari Kemendikbud dan Kemenag, dan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya, pendidik mengupayakan untuk menggunakan metode yang berpusat kepada peserta didik.
References
Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(2), 99. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V1i2.4778
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. . (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press.
Anggreini, C., Ahman, E., Waspada, I., Pascasarjana, S., & Bandung, U. P. I. (N.D.). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pelajaran Ekonomi Materi Pajak A . Pendahuluan Pendidikan Merupakan Suatu Proses Yang Diperlukan Untuk Mendapatkan Keseimbangan Dan Kesempurnaan Dalam Perkembangan Individu Maupun Masyarakat . Penekanan Pendidikan . Ix(2), 80–94.
Febilasari, D., & Yunita, Y. (2023). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(1), 16–22.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Dan Studi Kasus. Cv. Jejak.
Ismail, A. (2019). Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah. Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 249–270. Https://Doi.Org/10.14421/Almahara.2019.052-06
Jogiyanto, H. M. (2006). Filosofi, Pendekatan, Dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Andi.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (N.D.). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik Dan Pembelajaran Berkualitas.
Kepmendikbud Ristekdikti. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.
Lathifah, Z. K., Rusli, R. K., Prasetyo, T., Febrianisya, M., Kholik, A., & Suherman, I. (2022). Analysis On The Impact Of The Mbkm Program On Improving The Competence Of Teacher Training Students: A Study Of Student Perceptions Of The Teacher Training And Education Faculty. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan,
(3), 354–363. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i3.5333
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Cv Irdh.
Mariyam, S. N., Dwiastuti, S., & Karyanto, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Dengan Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Bio-Pedagogi, 3(1), 55–66.
Mubarak, H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Cv. Pustaka Turats Press.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. 19(2), 251–262. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.17509/Jik.V19i2.45301
Struktur Kurikulum Sma / Ma. (N.D.).
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, Dan Operasionalnya. Akademia Pustaka.
Wijaya, J. I. (2020). How To Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, Dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).