IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DENGAN METODE ANP (Analytic Network Process) DI SMP INSAN KAMIL BOGOR

Main Article Content

Yusi Sundari Choirunisa
Radif Khotamir Rusli
Gugun Gunadi

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan metode Analytic Network Process serta implementasinya melalui teori bauran pemasaran dan menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran di SMP Insan Kamil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kesiswaan, wakil bidang humas, siswa dan alumni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang paling efektif melalui Analytic Network Process yaitu strategi pemasaran secara langsung dengan sub kriteria sosialisasi, nilai geomean yang dihasilkan sebesar 2.00. Kedua, implementasi strategi pemasaran dengan menerapkan teori bauran pemasaran yaitu: produk, harga, tempat/lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses. Ketiga, faktor pendukung yaitu stakeholder yang saling bekerjasama, memiliki majelis Al-ihya sebagai point center sekolah, website yang menyediakan informasi secara lengkap, biaya yang terjangkau, menerapkan kurikulum berbasis islam, banyaknya kegiatan promosi yang dilaksanakan, dan adanya pondok pesantren. Keempat, faktor penghambat yaitu; munculnya sekolah umum yang menerapkan kurikulum berbasis islam dan tidak adanya dana tetap dari pemerintah sehingga SMP Insan Kamil Bogor selalu berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan promosi yang memerlukan biaya cukup besar.





Article Details

How to Cite
Choirunisa, Y. S., Radif Khotamir Rusli, & Gugun Gunadi. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DENGAN METODE ANP (Analytic Network Process) DI SMP INSAN KAMIL BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 124–138. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8209
Section
Articles

References

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Opset.

Rusydiana, A., & Devi, A. (2013). Analytic Network Process: Pengantar Teori dan Aplikasi. Bogor: SMART Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, cv.

Suradika, A., & Wicaksono, D. (2019). Metodologi Penelitian. Jakarta: UM Jakarta Press.

Tim Dosen FKIP UNIDA. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi FKIP UNIDA. Bogor: UNIDA PRESS.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). PEMASARAN STRATEGIK EDISI 3 - , Mengapa Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitik hingga e-Marketing. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yohanes, A. (2014). ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Jurnal DINAMIKA TEKNIK, 8(2), 1.