IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DENGAN METODE ANP (Analytic Network Process) DI SMP INSAN KAMIL BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan metode Analytic Network Process serta implementasinya melalui teori bauran pemasaran dan menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran di SMP Insan Kamil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kesiswaan, wakil bidang humas, siswa dan alumni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang paling efektif melalui Analytic Network Process yaitu strategi pemasaran secara langsung dengan sub kriteria sosialisasi, nilai geomean yang dihasilkan sebesar 2.00. Kedua, implementasi strategi pemasaran dengan menerapkan teori bauran pemasaran yaitu: produk, harga, tempat/lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses. Ketiga, faktor pendukung yaitu stakeholder yang saling bekerjasama, memiliki majelis Al-ihya sebagai point center sekolah, website yang menyediakan informasi secara lengkap, biaya yang terjangkau, menerapkan kurikulum berbasis islam, banyaknya kegiatan promosi yang dilaksanakan, dan adanya pondok pesantren. Keempat, faktor penghambat yaitu; munculnya sekolah umum yang menerapkan kurikulum berbasis islam dan tidak adanya dana tetap dari pemerintah sehingga SMP Insan Kamil Bogor selalu berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan promosi yang memerlukan biaya cukup besar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Opset.
Rusydiana, A., & Devi, A. (2013). Analytic Network Process: Pengantar Teori dan Aplikasi. Bogor: SMART Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, cv.
Suradika, A., & Wicaksono, D. (2019). Metodologi Penelitian. Jakarta: UM Jakarta Press.
Tim Dosen FKIP UNIDA. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi FKIP UNIDA. Bogor: UNIDA PRESS.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). PEMASARAN STRATEGIK EDISI 3 - , Mengapa Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitik hingga e-Marketing. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yohanes, A. (2014). ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Jurnal DINAMIKA TEKNIK, 8(2), 1.