PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN (SILOKA) TERHADAP OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
DOI:
https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.12302Kata Kunci:
Pelayanan Publik; Administrasi Kependudukan; Sistem Layanan OnlineAbstrak
Pada umumnya setiap individu mempunyai surat-surat resmi, baik surat-surat yang dikeluarkan pemerintah maupun surat-surat yang dikeluarkan lembaga non-pemerintah yang mempunyai nilai hukum. Penyedia layanan administrasi kependudukan memegang peranan penting dalam menjalankan fungsi pelayanan masyarakat. Kendala yang sering dihadapi adalah antrian yang panjang dan terbatas di depan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor, yang berdampak pada penilaian kurang optimal terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh implementasi SILOKA terhadap optimalisasi kualitas pelayanan administrasi kependudukan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan melibatkan 100 responden sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara, dan observasi. Dalam proses analisis data, digunakan metode analisis korelasi Rank Spearman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor dapat dioptimalkan dengan menerapkan SILOKA pada prosedur pengambilan antrian. Pencapaian ini mungkin disebabkan oleh kemampuan SILOKA dalam mengurangi waktu tunggu sehingga mampu memenuhi tujuan program dan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor.
Referensi
Andriyus, Rusadi, S., & Monalisa. (2023). Penerapan E-Government Melalui Aplikasi ‘Sitanjak Makin Mantap’ Oleh Dinas Sosial. Jurnal Governansi, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.30997/ jgs.v9i2.7219
Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Seran, G. G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi. org/10.30997/jgs.v8i1.5045
Azijah, S. N., & Wahyudin, C. (2023). IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) TERHADAP REFORMASI BIROKRASI. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 29–34. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/9748
BPS Kabupaten Bogor. (2021). Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan (Jiwa), 2019-2021. bogorkab.bps.go.id. https://bogorkab.bps.go.id/indicator/12/29/1/jumlah-penduduk.html
Dinillah, K., Hernawan, D., & Munjin, R. A. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP-elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Administrasi Publik, 2(April), 9–14.
Elfito, F. A., Zidane, M. R. D., Gladys Marsha Brata, Kevin Ginaldo, Rayhan Cahya Nugraha, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2024). Implementasi Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Online. Karimah Tauhid, 3(2), 1286–1294. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11717
Gronroos, C. (1984). A Service Quality Model and its Marketing Implications. European Journal of Marketing, 18(4), 36–44. https://doi.org/10.1108/ EUM0000000004784
Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84.
Hidayat, F., & Frinaldi, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(2), 75.
Kurniawan, P., Belinda, A., Puspitasari, S., & Triantika, W. (2018). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Untuk Peningkatan Pelayanan Di Kantor Desa Bendo.
Mirna Pratami, Rio Ranbilal, Marezka, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. Karimah Tauhid, 2(1), 60–75. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7593
Murdyastutik, A., Prasetya, H. A., & Supranoto, S. (2022). Efektivitas Program pada Pelayanan Publik E-Parking di Taman Bungkul Kota Surabaya. E-Sospol, 9(3), 230. https://doi.org/10.19184/e-sos.v9i3.36128
Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYA-RAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 981–990.
Ridwanullah, M., Utami, A. A., Wahyudin, C., Nurpadillah, S., Pratama, F., Rukmana, H., & Muhammad, F. (2019). Implementation of e-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 48(3), 168-178.
Safitri, A. A. (2022). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Siloka di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.
Salsabila, A. (2022). Implementasi Pelaya-nan Publik Berbasis Online Melalui Aplikasi Gudang Layanan Masyarakat Terpadu Du Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah, 01, 1–7. https://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/22663
Saragih, Z. A. (2019). Implementasi Peratu-ran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah Menengah/Madrasah Dalam Rangka Penerapan Kualifikasi Tenaga Perpus-takaan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependu-dukan. Jurnal Visionida, 7(1), 15–21. https://ojs.unida.ac.id/Jvs/article/view/4357/2557
Sugiono. (2022). Metode Penelian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta, cv.
Taufiqurokhman dan Evi, S. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, UMK Press, Tangerang Selatan. August.
Tumewu, R., Rares, J. J., & Ruru, J. (2016). Sistem Informasi Manajemen dalam Pelayanan Publik di Kantor Catatan Sipil Kota Tomohan, VIII(1), 1–23.
Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ginung Pratidina, winda Maulinda, Neng Virly Apriliyani, Euis Salbiah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.