Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian

Authors

  • Indra Rukmana Universitas Djuanda
  • Rita Rahmawati Universitas Djuanda
  • Euis Salbiah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2633

Abstract

Penilaian kinerja memegang peranan penting bagi organisasi karena memungkinkan organisasi untuk mengetahui, mengukur dan menilai kinerja pegawai. Hasil penilaian kinerja membantu organisasi untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan sumber daya manusia organisasi. Penilaian kinerja sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. Penilaian kinerja dipandang sebagai penilaian atas prestasi/kemampuan kerja yang ditunjukkan oleh pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan target kerja, yaitu jumlah beban kerja yang dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan. Kinerja pegawai tersebut dinilai efektivitasnya berdasarkan empat dimensi, yaitu kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 61 dijadikan sebagai responden penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dengan dibantu melalui penghitungan skor rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian memperoleh skor rerata sebesar 4,14 termasuk kategori penilaian baik. Dikaitkan dengan empat dimensi penilaian kinerja, maka skor tertinggi berada pada dimensi kualitas yang memperoleh skor rerata sebesar 4,24 termasuk dalam kategori penilaian sangat baik, sedangkan dimensi biaya memiliki skor rerata terendah sebesar 4,06 walaupun termasuk kategori penilaian baik.

Kata kunci: Kinerja Pegawai, Efektivitas, E-Kinerja, Penilaian Kinerja.

Author Biographies

Indra Rukmana, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Rita Rahmawati, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Euis Salbiah, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Buku
Mondy, R. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Jurnal
Komara, Eka Putri. (2014). “Pengaruh Penerapan E-Kinerja Dan Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Aparatur Pengelolaan Keuangan Di Lingkungan Pemerintahan Kota Banda Aceh”. Jurnal Magister Akuntansi, 3(4).

Peraturan Perundang-undangan
Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.
Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 121, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5258).
Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Lingkup Kementerian Pertanian.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-pokok Kepegawaian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169).

Downloads

Additional Files

Published

2020-04-13

How to Cite

Rukmana, I., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2020). Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. urnal overnansi, 6(1), 51–56. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2633
Abstract viewed = 839 times

Most read articles by the same author(s)

> >>