Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pertanahan

Penulis

  • Euis Salbiah Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda
  • Maria Fitriah Universitas Djuanda
  • Agustini Agustini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2227

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan di Kabupaten Cianjur. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang digunakan sebagai metode untuk memperoleh deskripsi yang utuh dan realistis tentang partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan di Kabupaten Cianjur. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peningkatan kualitas pelayanan publik termasuk kualitas pelayanan pertanahan diperlukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparatur sebagai penyedia pelayanan publik dengan menjadikan partisipasi masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik. Partisipasi masyarakat dapat berupa penyampaian keluhan/pengaduan, aspirasi, pemikiran, kepentingan dan permasalahan dalam pelayanan publik. Bentuk lain partisipasi masyarakat dapat berupa menemukan informasi atau akses lainnya, inisiatif (voice/suara) dan apresiasi warga (masukan), serta mekanisme untuk terlibat dalam pengambilan keputusan. Partisipasi masyarakat dapat dikelola secara efektif dengan menyediakan sarana partisipasi, menugaskan pelaksana yang kompeten, menangani keluhan/pengaduan sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dan menindaklanjuti keluhan/pengaduan.

Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Kabupaten Cianjur, Kualitas Pelayanan Pertanahan, Pelayanan Publik.

Biografi Penulis

Euis Salbiah, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Irma Purnamasari, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Maria Fitriah, Universitas Djuanda

Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Agustini Agustini, Universitas Djuanda

Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Buku
Budiarto, Diani; Krisna, Eri & Seran, G. Goris. (2005). Perspektif Pemerintahan Daerah: Otonomi, Birokrasi, dan Pelayanan Publik. Bogor: FISIP Universitas Djuanda.
Dwiyanto, Agus. (2005). “Survai Warga Pengguna Pelayanan”. Dalam: Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (editor: Agus Dwiyanto). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Milles, M. B. & Hubberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohidi & Mulyarto. Jakarta: UI Percetakan.
Ndraha, Taliziduhu. 1990. Pembangunan Masyarakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Purwanto, Erwan Agus. (2005). “Pelayanan Publik Partisipatif”. Dalam: Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (editor: Agus Dwiyanto). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Seran, Gotfridus Goris. (2013). Kamus Pemilu Populer, Kosa Kata Umum, Pengalaman Indonesia dan Negara Lain. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jurnal
Fathurrahman, Fadil. (2013). “Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kelurahan Kotabaru Tengah”, Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, 2(2).
Salbiah, Euis; Purnamasari, Irma; Fitriah, Maria & Agustini. (2019). “Improvement of Land Service Quality in Public Sector”, International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 43(2): 33-42.
Utomo, Sad Dian. (2008). Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 15(3): 161-167.

Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Partisipasi Masyarakat.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2017 tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 225).
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 104).
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038).

Laman
Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diakses pada tanggal 8 Desember 2019 pukul 16.34 Wib.
Wikipedia yang diakses pada tanggal 8 Desember 2019 pukul 17.00 Wib.

Diterbitkan

2020-04-13

Cara Mengutip

Salbiah, E., Purnamasari, I., Fitriah, M., & Agustini, A. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pertanahan. Jurnal Governansi, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2227
Abstrak viewed = 929 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>