PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN (SILOKA) TERHADAP OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Penulis

  • Ginung Pratidina Universitas Djuanda
  • Winda Maulinda Universitas Djuanda
  • Neng Virly Apriliyani Universitas Djuanda
  • Euis Salbiah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.12302

Kata Kunci:

Pelayanan Publik; Administrasi Kependudukan; Sistem Layanan Online

Abstrak

Pada umumnya setiap individu mempunyai surat-surat resmi, baik surat-surat yang dikeluarkan pemerintah maupun surat-surat yang dikeluarkan lembaga non-pemerintah yang mempunyai nilai hukum. Penyedia layanan administrasi kependudukan memegang peranan penting dalam menjalankan fungsi pelayanan masyarakat. Kendala yang sering dihadapi adalah antrian yang panjang dan terbatas di depan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor, yang berdampak pada penilaian kurang optimal terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh implementasi SILOKA terhadap optimalisasi kualitas pelayanan administrasi kependudukan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan melibatkan 100 responden sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara, dan observasi. Dalam proses analisis data, digunakan metode analisis korelasi Rank Spearman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor dapat dioptimalkan dengan menerapkan SILOKA pada prosedur pengambilan antrian. Pencapaian ini mungkin disebabkan oleh kemampuan SILOKA dalam mengurangi waktu tunggu sehingga mampu memenuhi tujuan program dan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor.

Referensi

Andriyus, Rusadi, S., & Monalisa. (2023). Penerapan E-Government Melalui Aplikasi ‘Sitanjak Makin Mantap’ Oleh Dinas Sosial. Jurnal Governansi, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.30997/ jgs.v9i2.7219

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Seran, G. G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi. org/10.30997/jgs.v8i1.5045

Azijah, S. N., & Wahyudin, C. (2023). IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) TERHADAP REFORMASI BIROKRASI. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 29–34. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/9748

BPS Kabupaten Bogor. (2021). Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan (Jiwa), 2019-2021. bogorkab.bps.go.id. https://bogorkab.bps.go.id/indicator/12/29/1/jumlah-penduduk.html

Dinillah, K., Hernawan, D., & Munjin, R. A. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP-elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Administrasi Publik, 2(April), 9–14.

Elfito, F. A., Zidane, M. R. D., Gladys Marsha Brata, Kevin Ginaldo, Rayhan Cahya Nugraha, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2024). Implementasi Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Online. Karimah Tauhid, 3(2), 1286–1294. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11717

Gronroos, C. (1984). A Service Quality Model and its Marketing Implications. European Journal of Marketing, 18(4), 36–44. https://doi.org/10.1108/ EUM0000000004784

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84.

Hidayat, F., & Frinaldi, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(2), 75.

Kurniawan, P., Belinda, A., Puspitasari, S., & Triantika, W. (2018). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Untuk Peningkatan Pelayanan Di Kantor Desa Bendo.

Mirna Pratami, Rio Ranbilal, Marezka, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. Karimah Tauhid, 2(1), 60–75. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7593

Murdyastutik, A., Prasetya, H. A., & Supranoto, S. (2022). Efektivitas Program pada Pelayanan Publik E-Parking di Taman Bungkul Kota Surabaya. E-Sospol, 9(3), 230. https://doi.org/10.19184/e-sos.v9i3.36128

Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYA-RAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 981–990.

Ridwanullah, M., Utami, A. A., Wahyudin, C., Nurpadillah, S., Pratama, F., Rukmana, H., & Muhammad, F. (2019). Implementation of e-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 48(3), 168-178.

Safitri, A. A. (2022). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Siloka di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Salsabila, A. (2022). Implementasi Pelaya-nan Publik Berbasis Online Melalui Aplikasi Gudang Layanan Masyarakat Terpadu Du Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah, 01, 1–7. https://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/22663

Saragih, Z. A. (2019). Implementasi Peratu-ran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah Menengah/Madrasah Dalam Rangka Penerapan Kualifikasi Tenaga Perpus-takaan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependu-dukan. Jurnal Visionida, 7(1), 15–21. https://ojs.unida.ac.id/Jvs/article/view/4357/2557

Sugiono. (2022). Metode Penelian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta, cv.

Taufiqurokhman dan Evi, S. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, UMK Press, Tangerang Selatan. August.

Tumewu, R., Rares, J. J., & Ruru, J. (2016). Sistem Informasi Manajemen dalam Pelayanan Publik di Kantor Catatan Sipil Kota Tomohan, VIII(1), 1–23.

Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Pratidina, G., Maulinda, W., Apriliyani, N. V., & Salbiah, E. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN (SILOKA) TERHADAP OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Jurnal Governansi, 10(1), 65–76. https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.12302
Abstrak viewed = 5 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>