IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) TERHADAP REFORMASI BIROKRASI

Authors

  • Siti Nur Azijah
  • Cecep Wahyudin Universitas Djuanda

Keywords:

Bureaucratic Reform, NPM, Implementation

Abstract

Bureaucratic reform is something that needs to be done,  especially in the public service sector,  the development and transition of the era to an all-digital era has more or less an effect on the governance of the public service bureaucracy,  such as the New Public Management (NPM) paradigm which is present to adjust the community's needs regarding renewable public services. This article describes the implementation of New Public Management (NPM) at the GRHA Tiyasa Public Service Mall, Bogor City. By using qualitative methods and literature study techniques to collect the necessary data and information and to find out more about the implementation of the New Public Management (NPM) implemented at the GRHA Tiyasa Public Service Mall, Bogor City.

Author Biography

Cecep Wahyudin, Universitas Djuanda

Ilmu Administrasi Publik

References

Hartati, Sri. (2020). Penerapan Model New Public Management (NPM) Dalam Reformasi Birokrasi di Indonesia. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur). Vol. 8, No. 2.

Ilhamsyah. (2013). Reformasi Birokrasi Pada Pemerintah Kabupaten Kotabaru (Studi Terhadap Kualitas pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal) Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintah Lokal. Vol.. 2, No. 1.

Lukman, Mediya. & Damayanti, Restu. (2013). Badan Layanan Umum: Dari Birokrasi menuju Korporasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspawati, A. Ani. (2016). Penerapan New Public Management (NPM) di Indonesia (Reformasi Birokrasi, Desentralisasi, Kerjasama Pemerintah dan Swasta dalam Meningkatkan Pelayanan Publik). PUBLISIA (Jurnal Administrasi Publik).

Rahmatilah, A. Nur. dkk. (2021). Efektivitas Program Mal GRHA Tiyasa Sebagai Model Pelayanan Publik di Kota Bogor. JANE (Jurnal Administrasi Negara).

Ristiani, Y. Ida. (2020). Manajemen Pelayanan Publik pada Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Cooperition: Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 11, No. 2.

Sembiring, F. Muhlis. & Sembiring, Muslim. (2021). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Sebagai Wadah Terintegrasi dalam Kaitan Pemenuhan Kebutuhan Publik di Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 10, No. 1.

Setiyono, Budi. (2014). Pemerintahan dan Manajemen Sektor Publik: Prinsip- prinsip Manajemen Pengelolaan Negara Terkini. Puskodak, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Setiyono, Dedy. (2019). Analisis Penerapan New Public Management (NPM) Sebagai Kerangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Balai Kesehatan/Rumah Sakit. AKTIVA Jurnal Akuntansi dan Investasi. Vol. 3, No. 2.

Susanto, Happy. (2016). Remunerasi dan Problem Reformasi Birokrasi di Indonesia. PUBLISIA (Jurnal Administrasi Publik). Vol. 1, No. 1.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Ukrimatul, Umam. & Adianto. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora Universitas Abulyatama. Vol. 4, No. 1.

Wibawa, Samodra. & Prajarto, Nunung. (2005). Peluang Penerapan New Public Management Untuk Kabupaten di Indonesia. Gadjah Mada University Press.

Winengan. (2018). Menakar Penerapan New Public Management dalam Birokrasi Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP). Vol. 4, No. 1.

Wahab, Solichin. 2005. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Azijah, S. N., & Wahyudin, C. (2023). IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) TERHADAP REFORMASI BIROKRASI. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 29–34. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/9748
Abstract viewed = 28 times