EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SERIBU DESA MANDIRI BENIH DI KABUPATEN BOGOR (STUDI KASUS KELOMPOK TANI “MITRA TANI” DESA KAREHKEL, KECAMATAN LEUWILIANG-KABUPATEN BOGOR)

Main Article Content

Siti Aisyah
Wini Nahraeni
Apendi Arsyad

Abstract

Kegiatan “Seribu Desa Mandiri Benih” merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat mendukung pencapaian produksi benih dalam upaya pemecahan masalah pertanian tanaman pangan dari aspek pembenihan. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui keragaan petani penangkar pada Program Desa Mandiri Benih di kelompok tani Mitra Tani di Desa Karehkel Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, dan mengetahui tingkat efektivitas program Seribu Desa Mandiri Benih tersebut, serta  menghitung seberapa besar pendapatan para petani penangkar benihnya. Sampel penelitian ini diambil di lokasi sebanyak 25 orang, dengan menggunakan Sensus untuk seluruh populasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan secara kualitatif dan kuantitatif, yakni analisis deskriptif, analisis usahatani dan analisis efektivitas program. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur petani  berkisar 40 sampai 59 tahun dengan persentase 40 %,  berpengalaman sebagai penangkar benih selama 10 tahun, dan pendidikan  responden lulusan SD tetapi berstatus sebagai petani pemilik usaha. Program Seribu Desa Mandiri Benih di kelompok tani Mitra Tani menunjukan telah berjalan efektif dilihat dari beberapa indikator seperti: aspek pemahaman program 68 %  (tergolong tinggi), aspek ketetapan sasaran program 96%  (tergolong tinggi), dan aspek berdasarkan perencanaan program 100 %  (tergolong sangat tinggi). Penerimaan yang diperoleh petani penangkar benih untuk benih padi rata-rata sebesar Rp 3.722.300 dengan pendapatan yang merugi Rp -4.658.270 dengan R-C Ratio sebesar 0,44. Sedangkan penerimaan yang diperoleh petani untuk padi konsumsi lebih kecil lagi sebesar  Rp 192. 000 dengan pendapatan Rp -8.105.950 dan R-C ratio 0,39. Hal ini menunjukkan usaha penangkaran benih merupakan usaha sambilan, bukan meruakan penghasilan utama keluarganya.

Article Details

Section
Articles

References

Rianti, Dyah Susanti. 2017. Analisis Pendapatan, Risiko, Dan Kesejahteraan Petani Penangkar Benih Padi Program Desa Mandiri Benih Di Kabupaten Pringsewu. [Tesis]. digilib.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 1 Februari 2019.
Kementrian Pertanian. 2018. Laporan Kinerja Pusat Penelitian Dan Pengembangan Tanaman Pangan 2017. pangan.litbang.pertanian.go.id. Diakses pada tanggal 1 Februari 2019.
Sayaka B, Hermanto, Rachmat M, Darwis V, Dabukke FBM, Suharyono S, Kariyasa K. 2015. Penguatan kelembagaan penangkar benih untuk mendukung kemandirian benih padi dan kedelai. Laporan Penelitian. Bogor (ID): Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Kementerian Pertanian Rebuplik Indonesia. 2016. Pedoman Teknis Penguatan Desa Mandiri Benih Tahun Anggaran 2016. pse.litbang.pertanian.go.id. Diakses pada tanggal 1 Februari 2019.
Nur, Aini Astuti. 2010. Analisis Efektivitas Kelompok Tani Di Kecamatan Gatak Kbupaten Sukoharjo. [Skripsi]. Digilib.ac.id. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diakses pada tanggal 16 Januari 2019.
Patria, Andika. 2013. Analisis Pendapatan Dan Efektivitas Penyaluran Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan PUAP Pada Usaha Usahatani Sawi (Kasus Di Gapoktan Rukun Tani Desa Citapen Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat). Universitas Djuanda. Bogor
Tia, Meydi, Al Fanny. 2017. Efektivitas Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan dalam Peningkatan Pendapatan Petani Sayur (Desa Watas Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat). [Skripsi].
Supardi. 2014. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Change Publication. Jakarta.
Suratiyah. 2015. Ilmu Usahatani. Penerba Swadaya. Jakarta.
Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyususn Skripsi, Tesis Dan Disertasi.. Alfabeta. Bandung.
Nanda, Rohaman. 2018. Efektivitas Program Agropolitan Klaster Kopi Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Kopi (Kecamatan Way Tenong Lampung Barat). [Skripsi]. digilib.unila.ac.id. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Rangkuti,F. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta. Gramedia pustaka utama. Google books.co.id. diakses tgl 21 Agustus 2020