STRATEGI PEMASARAN BENIH CABAI BESAR (Capsiccum annum L) DI CV. TANI MANDIRI DESA CIHERANG PONDOK KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jagi.v1i1.57Abstract
CV Tani Mandiri yang mengalami penurunan penjualan benih cabai yang diduga berasal dari program pemasaran yang kurang tepat. Analisis strategi menggunakan matriks IFE – EFE dan Analisis SWOT dan QSPM. Data diperoleh melalui wawancara dengan kuisioner tertutup maupun terbuka kepada 6 orang informan kunci. Matriks IFE-EFE memetakan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan acaman. Berdasarkan matriks SWOT, dilipilh alternative strategiterbaik dengan menggunakan matriks QSP. Prioritas stretegi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran benih cabai di perusahaan CV. Tani Mandiri adalah : a.melakukan kegiatan promosi modern dengan menggunakan media internet (6,293), Mempertahankan kualitas produk benih cabai (5,690), Menjalin kemitraan dengan petani sekitar dengan cara memberikan pinjaman benih cabai dengan sistem pembayaran setelah kegiatan panen (5,434).
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Benih Cabai, SWOT, QSPM, IFE-EFE
References
Ali, H. 2008. Marketing. Media Pressindo.
Yogyakarta.
Ashari, S. 2006. Hortikultura Aspek
Budidaya. UI Press. Jakarta.
Badan Pusat Statistika. 2011. Sumbangan
Pertanian Terhadap PDB. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2012. Produksi
Tanaman Sayuran dan Buah-buahan.
Jakarta
Data Kementrian Pertanian Republik
Indonesia 2012. Impor Benih Sayuran.
Jakarta.
David, F. R. 2004. Manajemen Strategis.
Prenhallindo. Jakarta.
Kinnear, T. 1991. Marketing Research and
Applied Approach, Fourth Edition.
MC. Graw Hill. USA.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran.
Analisis, Perencanaan, Implementasi,
dan Kontrol. Prenhallindo. Jakarta.
Palungkun. 1995. Sayur Komersial.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Prajnanta, F. 2004. Agribisnis Cabai.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. PT.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F. 2011. Swot Balanced
Scorecard. PT. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.
Salusu, J. 2003. Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
Bandung.
Setiadi. 1996. Bertanam Cabai. Penebar
Swadaya. Jakarta.
Sudibyo, B. 1994. Bertanam Sayuran
Dataran Tinggi. Penebar Swadaya.
Jakarta
Yogyakarta.
Ashari, S. 2006. Hortikultura Aspek
Budidaya. UI Press. Jakarta.
Badan Pusat Statistika. 2011. Sumbangan
Pertanian Terhadap PDB. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2012. Produksi
Tanaman Sayuran dan Buah-buahan.
Jakarta
Data Kementrian Pertanian Republik
Indonesia 2012. Impor Benih Sayuran.
Jakarta.
David, F. R. 2004. Manajemen Strategis.
Prenhallindo. Jakarta.
Kinnear, T. 1991. Marketing Research and
Applied Approach, Fourth Edition.
MC. Graw Hill. USA.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran.
Analisis, Perencanaan, Implementasi,
dan Kontrol. Prenhallindo. Jakarta.
Palungkun. 1995. Sayur Komersial.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Prajnanta, F. 2004. Agribisnis Cabai.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. PT.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F. 2011. Swot Balanced
Scorecard. PT. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.
Salusu, J. 2003. Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
Bandung.
Setiadi. 1996. Bertanam Cabai. Penebar
Swadaya. Jakarta.
Sudibyo, B. 1994. Bertanam Sayuran
Dataran Tinggi. Penebar Swadaya.
Jakarta
Downloads
Published
2017-03-20
How to Cite
Fajar, A., Yusiarti, A., & Arsyad, A. (2017). STRATEGI PEMASARAN BENIH CABAI BESAR (Capsiccum annum L) DI CV. TANI MANDIRI DESA CIHERANG PONDOK KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR. JURNAL AGRIBISAINS, 1(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v1i1.57
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work