STRATEGI PEMASARAN BENIH CABAI BESAR (Capsiccum annum L) DI CV. TANI MANDIRI DESA CIHERANG PONDOK KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Ahmad Fajar
  • Arti Yusiarti
  • Apendi Arsyad

DOI:

https://doi.org/10.30997/jagi.v1i1.57

Abstract

CV Tani Mandiri yang mengalami penurunan penjualan benih cabai yang diduga berasal dari program pemasaran yang kurang tepat. Analisis strategi menggunakan matriks IFE – EFE dan Analisis SWOT dan QSPM. Data diperoleh melalui wawancara dengan kuisioner tertutup maupun terbuka kepada 6 orang informan kunci. Matriks IFE-EFE memetakan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan acaman. Berdasarkan matriks SWOT, dilipilh alternative strategi
terbaik dengan menggunakan matriks QSP. Prioritas stretegi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran benih cabai di perusahaan CV. Tani Mandiri adalah : a.melakukan kegiatan promosi modern dengan menggunakan media internet (6,293), Mempertahankan kualitas produk benih cabai (5,690), Menjalin kemitraan dengan petani sekitar dengan cara memberikan pinjaman benih cabai dengan sistem pembayaran setelah kegiatan panen (5,434).
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Benih Cabai, SWOT, QSPM, IFE-EFE

References

Ali, H. 2008. Marketing. Media Pressindo.
Yogyakarta.
Ashari, S. 2006. Hortikultura Aspek
Budidaya. UI Press. Jakarta.
Badan Pusat Statistika. 2011. Sumbangan
Pertanian Terhadap PDB. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2012. Produksi
Tanaman Sayuran dan Buah-buahan.
Jakarta
Data Kementrian Pertanian Republik
Indonesia 2012. Impor Benih Sayuran.
Jakarta.
David, F. R. 2004. Manajemen Strategis.
Prenhallindo. Jakarta.
Kinnear, T. 1991. Marketing Research and
Applied Approach, Fourth Edition.
MC. Graw Hill. USA.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran.
Analisis, Perencanaan, Implementasi,
dan Kontrol. Prenhallindo. Jakarta.
Palungkun. 1995. Sayur Komersial.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Prajnanta, F. 2004. Agribisnis Cabai.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis. PT.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F. 2011. Swot Balanced
Scorecard. PT. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.
Salusu, J. 2003. Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
Bandung.
Setiadi. 1996. Bertanam Cabai. Penebar
Swadaya. Jakarta.
Sudibyo, B. 1994. Bertanam Sayuran
Dataran Tinggi. Penebar Swadaya.
Jakarta

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Fajar, A., Yusiarti, A., & Arsyad, A. (2017). STRATEGI PEMASARAN BENIH CABAI BESAR (Capsiccum annum L) DI CV. TANI MANDIRI DESA CIHERANG PONDOK KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR. JURNAL AGRIBISAINS, 1(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v1i1.57
Abstract viewed = 674 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>