KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PREFERENSI KONSUMEN JERUK PAMELO
DOI:
https://doi.org/10.30997/jagi.v5i1.2171Abstract
Di Indonesia terdapat beragam kultivar pamelo dengan rasa, warna, ukuran dan bentuk buah beragam. Selama ini, usahatani pamelo tidak didasarkan pada preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian pamelo dan preferensi konsumen terhadap atribut pamelo. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Responden berjumlah 70 orang yang berasal dari Jakarta, Bogor, dan Sukabumi. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam melakukan pembelian, sebagian besar konsumen memilih pasar tradisional, tujuan pembelian adalah mencari variasi buah yang segar dan pencuci mulut, Informasi pembelian berasal dari keluarga, dengan proses pembelian mendadak saat melihat Jeruk Pamelo. Jeruk Pamelo dibeli pada musim tertentu (musim panen), Jumlah Jeruk yang biasa dibeli hanya 1-2 buah tiap pembelian dan sebagian besar konsumen tidak mengetahui kultivar pamelo yang dibeli mereka beli mereka hanya mengetahui bahwa itu adalah Jeruk Bali, Sebagian besar konsumen menyukai pamelo yang memiliki atribut kandungan vitamin banyak, rasa manis, banyak mengandung air (juicy), tekstur empuk/halus, warna daging merah tua, beraroma harum, mempunyai ukuran buah standar (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil), sepah (graininess) tidak ada, jumlah biji antara sedikit sampai tidak berbiji, dan harga tidak terlalu mahal atau biasa saja. Pengembangan pamelo lebih diprioritaskan pada pamelo yang tidak berbiji dan bersepah sedikit.
Kata Kunci: Aksesi Pamelo, Atribut Pamelo, Keputusan pembelian, Preferensi
References
Dhitama YM. 2002 . Analisis Kelayakan Finanasial Usahatani Jeruk (Citrus Nobilis var Microcarpa) (Studi Kasus Desa sukaras, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat). Institut Pertanian Bogor. Bogor
Engel, J. F., R. D. Blackwell dan P. W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.
Kementrian Pertanian. 2015. Outlook Jeruk. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Sekretaris Jendral Kementrian Pertanian ISSN: 1907 - 1507. Jakarta
Kiloes, A.M. 2012. Penilaian Sikap dan Persepsi Konsumen Terhadap Beberapa Atribut Produk Buah Jeruk Lokal dan Impor sebagai Dasar Peningkatan Daya saing Jeruk Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pekan Inovasi Teknologi Hortikultura Nasional: Penerapan Inovasi Teknologi Hortikultura dalam Mendukung Pembangunan Hortikultura yang Berdaya Saing dan Berbasis Sumberdaya Genetik Lokal, Lembang, 5 Juli 2012.
Moser R., Roberta Raffaelli and Dawn Thilmany-McFadden. 2011. Consumer Preferences for Fruit and Vegetables with Credence-Based Attributes: A Review . International Food and Agribusiness Management Review Volume 14, Issue 2, 2011
Muzdalifah. 2012. Kajian Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal di Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis Pedesaan Volume 02 Nomor 04 Desember 2012
Poerwanto, R., Susanto S., dan S. Setyati, H., 2002. Pengembangan Jeruk Unggulan Indonesia. Makalah Semiloka Nasional Pengembangan Jeruk Unggulan. Bogor 10 – 11 2002.
Rahayu A. 2012. Evaluasi Kualitas Buah Pamelo Berbiji dan Tidak Berbiji Selama Masa Simpan [disertasi].Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.
Rahayu, A. 2012. Karakterisasi dan Evaluasi Aksesi Pamelo (Citrusmaxima (Burm.) Merr.) Berbiji dan Tidak Berbiji. [disertasi]. Bogor: Sekolah Pascasarjana IPB.
Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya. Ghalia Indonesia, Bogor.
Talon M, Gmitter Jr FG. 2008. Citrus genomics. Review Article. Intl J Plant Genomics.17 p.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.