PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR

Rusi Rusmiati Aliyyah, Siti Armia Lutfah, Zahra Khusnul Lathifah

Abstract


THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS


This study is intended to find, describe and provide information about the management of educators in SD Pertiwi Kota Bogor. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through technical observations, interviews and documentation. Data analysis techniques that researchers used with data deduction, data presentation, and conclusion. The result of this research is the procedure of recruitment activity at SD Pertiwi Kota Bogor which has a difference with other schools. These differences are in the application selection phase, written and non-written test, and orientation. In addition, SD Pertiwi Kota Bogor has a leading career development program in the form of scholarship fund for Undergraduate School (S1) - Postgraduate School (S2) as well as training and coaching programs that are implemented continuously or continuously in one week according to the schedule.

Keywords: career development, management of educators, recruitment.

 

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan memberikan informasi mengenai pengelolaan tenaga pendidik di SD Pertiwi Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur kegiatan rekrutmen di SD Pertiwi Kota Bogor yang memiliki perbedaan dengan sekolah lainnya. Perbedaan tersebut diantaranya ialah pada tahap seleksi lamaran, tes tertulis dan non-tertulis, dan orientasi. Selain itu juga SD Pertiwi Kota Bogor memiliki program pengembangan karier unggulan berupa dana beasiswa pendidikan tingkat lanjut sarjana (S1)-pascasarjana (S2) dan juga program pelatihan dan pembinaan yang dilaksanakan secara berkelanjutan atau berkelanjutan dalam satu minggu sekali sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.


Keywords


pengelolaan tenaga pendidik, pengembangan karier, rekrutmen.

Full Text:

PDF

References


Harsono. 2011. Sistem administrasi kepegawaian. Kusmedia, Bandung.

Heryati Y dan M Muhsin. 2014. Manajemen sumber daya pendidikan. Pustaka Setia, Bandung.

Kuncoro MW. 2017. Evaluasi kualitas tes psikologi kepribadian. Jurnal Sosio Humaniora 3(2).

Miles MB dan AM Huberman. 1992. Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press, Jakarta.

Moleong LJ. 2007. Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Roesdakarya, Bandung.

Mustari M. 2014. Manajemen pendidikan. Raja Grafindo, Jakarta.

Pidarta M. 2011. Manajemen pendidikan Indonesia. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Prihatin E. 2011. Teori administrasi pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Penddikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2015. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerntah Kemendikbud Tahun 2015 tentang Kinerja Guru. Sekretarian Negara. Jakarta.

Rugayah. 2010. Profesi kependidikan dalam perspektif pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Setiani B. 2013. Kajian sumber daya manusia dalam proses rekrutmen tenaga kerja di perusahaan. Skripsi. Universitas Suryadarma, Jakarta.

Siagian SP. 2008. Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Sudarwan D. 2012. Profesi kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiono. 2014. Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Sukinah. 2016. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 33 Surabaya dalam pelajaran matematika melalui media berbantuan komputer. Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Volume 3.

Sutrisno E. 2009. Manajemen sumber daya manusia. Kencana, Jakarta.

Sutrisno E. 2014. Manajemen sumber daya manusia. Prenada Media Grup, Jakarta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2012. Manajemen pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Yin RJ. 2004. Studi kasus desain dan metode. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN 2442-4544      E-ISSN 2550-0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

                    

 

 

 

 

 

 

View My Stats