Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Yuni Rahayu
Muhammad Rendi Ramdhani

Abstract

Penyebaran virus corona atau Covid-19 menimbulkan berbagai masalah pada aspek kehidupan. Tidak hanya permasalahan pada bidang kesehatan saja, melainkan berpengaruh pula pada aspek pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan sebagai solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring mengharuskan guru untuk mengembangkan potensinya dalam melaksanakan pembelajaran terutama penggunaan interaksi edukatif pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif terhadap minat belajar matematika siswa Sekolah Dasar, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cimonteng yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan penilaian dari ahli dan butir instrumen yang di uji coba kepada non sampel dan uji korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,002<0,05 sehingga terdapat pengaruh yang positif antara interaksi edukatif terhadap minat belajar matematika siswa kelas V SDN Cimonteng. Hasil analisis data menunjukan R Square sebesar 0,346 yang menunjukan bahwa interaksi edukatif memiliki pengaruh sebesar 34,6% terhadap minat belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R., Rahayu, Y., & Ramdhani, M. R. (2022). Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6844
Section
Articles

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alam, Y. (2018). Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK PGRI 1 Palembang. Motivasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2).

Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. JAMP Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p216

Aliyyah, R., Puteri, F., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2).

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Rachmadtullah, R., Widyasari, Mulyadi, D., & Ikhwan, S. (2019). Using Of Student Teams Achievement Divisions Model (STAD) To Improve Student’s Mathematical Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1175.

Ariastuti, B. A. (2020). Hubungan Interaksi Edukatif Dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV, V, VI Di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 1(1).

Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran. Edification Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136

Djamarah, S. B. (2011). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Handayani, T. (2015). Interaksi Edukatif Di Sekolah. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(2).

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 3(2).

Kannappan, A., Yip, D. T., Lodhia, N. A., Morton, J., & Lau, J. N. (2012). The Effect of Positive and Negative Verbal Feedback on Surgical Skill Performance and Motivation. Journal of Surgical Education, 69(6). https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2012.05.012

Surat Edaran No.4 Tahun 2020, (2020).

Kompri. (2017). Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Media Akademi.

Moonti, U., Bahsoan, A., & Gumohung, A. M. (2021). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 3(1).

Rohmah, R. Z. N., & Aziz, H. (2021). Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Sani, M. (2013). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(2).

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pedungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).