Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa)

Main Article Content

Widyasari Widyasari
Helmia Tasti Adri
Hanrezi Dhania Hasnin
Awaludin Abdul Gaffar
Radmitadila Rasmitadila
Rusi Rusmiati Aliyyah
Zahra Khusnul Lathifah
Ariah Ariah

Abstract

Berdasar pada amanat Undang-Undang yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang baik, maka seyogyanya layanan pendidikan harus mampu memfasilitasi seluruh warga negara terlepas dari bagaimana kondisinya apakah dalam kondisi fisik yang sempurna ataupun memiliki kekhususan seperti tunadaksa.  Berkenaan dengan kekhususan tersebut, layanan pendidikan perlu didesain sedemikian rupa agar tepat guna bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Berlatar hal tersebut, penelitian ini mengarah pada desain inovasi model pembelajaran melalui kegiatan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan tersebut merujuk pada pengembangan model pembelajaran bagi mahasiswa tunadaksa yang bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang tepat baik pada saat pandemi covid-19 seperti saat ini maupun pasca pandemi.  Penelitian ini dilakukan dengan metode survey kepada mahasiswa tunadaksa, dosen pengampu dan pihak fakultas dimana mahasiswa tunadaksa belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya modifikasi model pembelajaran secara bauran dengan webinar bagi mahasiswa tunadaksa atau disingkat Hybrid Webidaksa yang mencakup modifikasi perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Widyasari, W., Adri, H. T., Hasnin, H. D., Gaffar, A. A., Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Lathifah, Z. K., & Ariah, A. (2022). Analisis Kebutuhan Inovasi Model Pembelajaran Bauran Moda Webinar bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tunadaksa dengan Alat Bantu Mobilitas (Model Hybrid Webidaksa). DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4725
Section
Articles

References

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of Pandemic Covid-19 on the Teaching – Learning Process : A Study of Higher Education Teachers. Prabandhan: Indian Journal of Management, 13(4), 43. https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825

Fowler, F. J. (2013). Survey Research Methods. SAGE Publications.

Giangreco, M. F., & Doyle, M. B. (2000). Curricular and Instructional Considerations for Teaching Students with Disabilities in General

Education Classrooms. In Inclusive education: A case book of readings for prospective and practicing teachers (pp. 51–69). Lawrence

Erlbaum Associates.

Goodyear, P. (2020). Design and Co-Configuration for Hybrid Learning: Theorising the Practices of Learning Space Design. British Journal of Educational Technology, 51(4).

Houck, C. K., Asselin, S. B., Troutman, G. C., & Arrington, J. M. (1992). Students with Learning Disabilities in the University Environment. Journal of Learning Disabilities, 25(10), 678–684. https://doi.org/10.1177/002221949202501008

Hwang, A. (2018). Online and Hybrid Learning. Journal of Management Education, 42(4), 557–563. https://doi.org/10.1177/1052562918777550

Izumi, T., Sukhwani, V., Surjan, A., & Shaw, R. (2021). Managing and Responding to Pandemics in Higher Educational Institutions: Initial Learning from COVID-19. International Journal of Disaster Resilience in the Built Environment, 12(1), 51–66. https://doi.org/10.1108/IJDRBE-06-2020-0054

Meleo-Erwin, Z., Kollia, B., Fera, J., Jahren, A., & Basch, C. (2021). Online Support Information for Students with Disabilities in Colleges and Universities During The COVID-19 Pandemic. Disability and Health Journal, 14(1), 101013.

https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2020.101013

Prasetyo, T., Widyasari, W., & Hartono, R. (2017). Development Of Innovation Education Through Blended Learning. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.320

Pratiwi, A., Lintangsari, A. P., Rizky, U. F., & Rahajeng, U. W. (2018). Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi. Universitas Brawijaya Press.

PP Nomor 13 Tahun 2020, Pub. L. No. 13 (2020).

Sutton, H. (2021). COVID‐19 Disproportionately Impacts Students with Disabilities Across All Sectors. Disability Compliance for Higher Education, 26(6), 9–9. https://doi.org/10.1002/dhe.30973

Widyasari, W., Sutopo, H., & Agustian, M. (2019). QR Code-based Learning Development: Accessing Math Game for Children Learning

Enhancement. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(11), 111. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10976

Wolfe, P. S., & Hall, T. E. (2003). Making Inclusion a Reality for Students with Severe Disabilities. TEACHING Exceptional Children, 35(4), 56–60. https://doi.org/10.1177/004005990303500409

Zhang, H., Nurius, P., Sefidgar, Y., Morris, M., Balasubramanian, S., Brown, J., Dey, A. K., Kuehn, K., Riskin, E., Xu, X., & Mankoff, J. (2020). How Does COVID-19 impact Students with Disabilities/Health Concerns? ArXiv. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2005.05438

Most read articles by the same author(s)