Upaya Guru dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran Terhadap Anak Lamban Belajar Pasca Ppkm

Authors

  • Gita Yuniar Gita Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9608

Keywords:

Kata kunci: Dampak Pandemi, Lambat Belajar, Interaksi guru dan murid

Abstract

Pasca pandemi covid-19 pemerintah melakukan pencabutan peraturan PPKM. Dalam hal ini semua bidang mengalami penyesuaian kembali pada fase new normal. Begitu pula dalam dunia Pendidikan. Fase new normal ini mengharuskan siswa kembali belajar secara offline atau tatap muka. Setelah kurang lebih dua tahun melakukan kegitan belajar mengajar secara online, tentunya bukan hal yang mudah juga bagi siswa maupun guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara offline. Masing-masing perlu melakukan penyesuaian diri. Apalagi selama kegiatan belajar mengajar secara online guru hanya mampu membimbing melalui online, sedangkan anak belajar mandiri dengan bimbingan orang tua dirumah. Hal ini mengakibatkan proses belajar yang tidak merata, karena tidak semua anak mendapatkan kualitas bimbingan yang sama. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di SD Negeri Lawanggintung Bogor Jawa Barat, untuk mengetahui lebih jauh hambatan dan upaya guru dalam menghadapi proses penyesuaian ini. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung dengan narasumber. Wawancara dilakukan kepada 4 (empat) orang responden yaitu walikelas di SD Negeri Lawanggintung dengan metode tatap muka langsung antara peneliti dan responden. Selain itu object observasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD Negeri Lawanggintung. Hasil dari wawancara dan observasi langsung yang dilakukan di Sd Negeri 1 Lawanggintung Bogor mendapati adanya anak yang mengalami kesulitan belajar salah satunya yaitu lambat belajar (slow learner). Hal ini terjadi karena kurangnya intensitas dan kualitas interaksi antara guru dan peserta didik saat proses belajar mengajar daring ( Online learning ). Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, pihak guru melakukan kegiatan belajar tambahan terhadap murid yang mengalami lambat belajar agar mampu mengejar ketertinggalannya.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Gita, G. Y., & Rasmitadila. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran Terhadap Anak Lamban Belajar Pasca Ppkm. Karimah Tauhid, 2(4), 813–818. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9608
Abstract viewed = 15 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>