Melatih Keterampilan Berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Salma Yuliani Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

Keywords:

Bahasa Inggris, Keterampilan Berbahasa, Siswa SD

Abstract

Penting untuk memiliki keterampilan berbahasa, karena melalui bahasa kita dapat berkomunikasi secara informatif dan hal itu mampu menjadi langkah awal untuk terjalinnya komunikasi yang baik.  Memiliki keterampilan berbahasa sangat diperlukan bagi semua jenjang pendidikan, keterampilan berbahasa terbagi menjadi empat bagian, yaitu : (1) Menyimak, (2) Berbicara, (3) Membaca, dan (4) Menulis. Berbicara merupakan keterampilan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena, berbicara merupakan cara yang paling mudah dan yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai negara. Di era globalisasi ini kemampuan dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan karena, selain bahasa Inggris menjadi bahasa internasional dan sering dipakai dalam kegiatan-kegiatan resmi antarnegara bahasa Inggris juga menjadi bahasa untuk menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian yang sedang terjadi di luar negeri. Ketika nanti akan memasuki dunia kerja pun, bahasa Inggris sangat diperlukan, terutama jika akan bekerja di berbagai perusahaan Bahasa Inggris memang tidak memiliki jumlah pembicara terbanyak, namun bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Inggris. Oleh sebab itu, di masa yang akan datang bahasa Inggris akan menjadi bahasa yang penting karena bahasa Inggris merupakan bahasa dunia. Namun sayangnya, saat ini dalam kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa Inggris ditiadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bahwa betapa pentingnya melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris pada usia anak Sekolah Dasar karena masa emas anak-anak terdapat ketika anak-anak berada di jenjang Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik studi litelatur atau kepustakaan dari berbagai sumber yang valid.

References

Aedi, A. (2017). Manajemen Kurikulum Sekolah .

Afifah, R. (2012). Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD artikel ini telah tayang di Kompas.com.

Kartiningsih. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). ANALISIS PENTINGNYA KETERAMPILAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS IV DI SDN GONDRONG 2. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Maili, S. N. (2018). BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR: MENGAPA PERLU DAN MENGAPA DIPERSOALKAN. 6. http://

Ratminingsih, N. M. (2016). EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAGU KREASI DI KELAS LIMA SEKOLAH DASAR (Vol. 5, Issue 1).

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu : Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syarifa, C., & Kusuma, D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran (Chusnu Syarifa Diah Kusuma) INTEGRASI BAHASA INGGRIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN. In Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus (Issue 2).

Tarigan, H. G. (2013). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Wayan Kasni, N. (2021). BAHASA INGGRIS DALAM BERBICARA. Linguistic Community Services Journal | 74 Linguistic Community Service Journal │, 2(2), 2021. https://doi.org/10.22225/licosjournal.2.2.3956.74-79

Published

2024-01-15

How to Cite

Yuliani, S., & Sya, M. F. . (2024). Melatih Keterampilan Berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7874

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.