Tantangan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arina Putri Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7850

Keywords:

Bahasa Inggris, Hambatan Berbicara, Kendala Belajar

Abstract

Bahasa sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain. Semakin banyak bahasa yang diketahui oleh seseorang semakin mudah baginya untuk berkomunikasi. Pembelajaran Bahasa inggris mengalami kendala atau hambatan dalam berbicara Bahasa inggris. Beberapa siswa masih belum atau tidak memiliki pengetahuan bahasa Inggris, meskipun diketahui bahwa bahasa Inggris telah diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Belajar bahasa Inggris jauh lebih sulit daripada bahasa Indonesia, selain siswa yang perlu memahami arti dari kata-kata tersebut, siswa juga harus bisa menulis dan membaca kata-kata dalam bahasa Inggris sesuai dengan pengucapan bahasa Inggris itu sendiri, kesulitan ini membuat anak-anak atau siswa  yang tidak memiliki kelas bahasa Inggris dan kesulitan ini, terkadang menurunkan minat anak-anak atau siswa dalam belajar bahasa Inggris. Negara Indonesia juga telah mengadopsi pembelajaran bahasa Inggris sebagai standar kelulusan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.  Keterampilan berbahasa merupakan materi dasar yang memungkinkan setiap orang mengekspresikan diri tentang perasaan, keinginan, pendapat dan kebutuhan setiap individu. Mengingat di zaman yang semakin mengglobal ini, kemampuan berbahasa asing sangatlah penting, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional, sehingga siswa perlu memperkuat pemahaman mereka tentang bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris yang baik, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan warga negara lain di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala atau hambatan berbicara dalam belajar Bahasa inggris pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian adalah studi Pustaka dengan pendekatan kualitatif menjadi metode yang dipilih dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mencari referensi dari beberapa jurnal. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala berbicara apa saja dalam belajar bahasa inggris pada siswa sekolah dasar. Dengan adanya penelitian ini kita bisa mengetahui apa saja kendala berbicara Bahasa inggris dan mengetahui cara untuk mengatasi kendala tersebut.

References

Ananda Herwin Tri, A. B. S. (2021). Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Pendekatan Active and Fun Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. https://edukasi.kompas.com/read/2012/10/11/11404612/~Edukasi~News.

Bs, L. M., & Amri, Z. (2013). Using Skit Strategy In Teaching Speaking At Senior High School.

Darsiana. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demontrasi Siswa Kelas III SD Negeri 157 Pekanbaru.

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Picture Series Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa The Effectiveness Of Using Pictue Series In Improving Students’ English Vocabulary.

Nurwahidah, H., & Herlina, S. &. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. In Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI (Vol. 10, Issue 2).

Rahayu, A. J. (2013). Teaching Speaking To Junior High School Student Through Four Corners Game.

Sofiyanti Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Dengan Media Pembelajaran Online English Pronounciation.

Susanthi I Gusti Ayu Agung Dian. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal │, 1(2). https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya MF. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review The Improvement Of Narrative Essay Writing Ability Through Peer Review.

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Utari, I. L., & Zuhdi, U. (2020). Identifikasi Pengaruh Keragaman Kultural Terhadap Kesulitan Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Putri, A., & Sya, M. F. (2023). Tantangan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 510–516. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7850
Abstract viewed = 227 times