Tinjauan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: Pendekatan Tradisional dan Inovatif

Main Article Content

Natasya Azzahra
Mega Febriani Sya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan membandingkan metode- metode pembelajaran bahasa Inggris, yaitu Grammar Translation Method, Direct Method, Audio Lingual Method, dan The Silent Way. Dengan menggunakan metode observasi langsung dan studi kepustakaan, data dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal, dan riset terdahulu. Setiap metode pembelajaran dianalisis untuk memahami karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya serta dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing metode memiliki fitur dan tujuan yang unik, dengan kelebihan dan kelemahan tertentu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dalam memilih pendekatan yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran mereka

Article Details

How to Cite
Azzahra, N., & Sya, M. F. . (2024). Tinjauan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: Pendekatan Tradisional dan Inovatif . Karimah Tauhid, 3(5), 5671–5684. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13233
Section
Articles

References

Abdi Aziz, M. (2023). Penggunaan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Muhadatsah. Journal of Engineering Research, 2(1), 89–97.

Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 344–353. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279

Adil, S., Rani Arifa, T., & Jumiati. (2021). Efektivitas Direct Method Terhadap Kemampuan Membaca di Kelas 1 SD N Tinggiran Kecamatan Tamban. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 4–5. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/eprint/9990

Al’Adawiyah, D. R., & Rihadatul Aisy, F. (2019). The Silent Way : Membangun Kreatifitas Dalam Kemampuan Taqdimul Qisoh Bahasa Arab. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 3(1), 165–183. https://prosiding.arab.um.con

Al Faroos, A., & Masrun. (2024). Metode Shatmitah (The Silent Way Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Iurnal of Education and Language, 1(1), 96–104. https://doi.org/https://doi.org/10.62083/7jg41m70

Alek. (2014). Perspektif Baru Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Direct Method. Lentera Pendidikan, 17(2), 153–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/Ip.2014v17n2a1

Amaniarsih, D., & Nafisah. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Grammar Translation Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Smp Yabes Medan Application of the Grammar Translation Learning Method in Improving English Language Skills in Class. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 139–143. https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jurdimas/article/download/1414/1052

Amertawengrum, I. P. (2019). Direct Method sebagai Sebuah Metode Pembelajaran Bahasa. Jurnal Magistra, ISNN 0215-(95), 8–13. https://download.garuda.kemdikbud.go.id

Ayu Prihatini, D. (2014). Penggunaan Metode Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris di PIA English Course Manado. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Univesitas Surabaya, 1(2), 1–15. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/almaaraji.v1i1.2385

Candra, E. N. (2017). The Effect of Using Silent Way Method Towards Students’ Speaking Ability at 7 th Grade of SMP Darul Ma’arif. Jurnal Eduscience, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/elt-lectura.v7i2.4568

Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelurahan Kalibobo Kabupaten Nabire Papua Tengah. Jurnal Wiyata Cenderawasih, 1(1), 41. https://uswim.e-journal.id/WiyataCendrawasih/article/download/407/308

Febriani Sya, M., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktita Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Junanah. (2014). Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Mendorong Peserta Didik Lebih Kreatif, Mandiri, dan Bertanggung Jawab. El-Tarbawi, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art4

Lutfiyah. (2020). Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung. Al Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar., 5(2), 53–68.

Mainandir, L. dan M. S. (2022). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive. Journal of Education Science (JES), 8(2), 293–297. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2430

Marlina, L. (2016). Efektivitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Al-Tsaqafa, 13(2), 212–226. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1973

Meliyawanti, & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/literasi.v2i01.152

Meylina, & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366

Minkhatunnakhriyah, Fahriany, & Albiansyah. (2021). Analisis Penggunaan Tata Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Thailand. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 34–44. https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4417

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (GTM) Dalam Meningkatkan Writing Skill (Ws) dan Self-Development (Sd) Siswa Madrasah Aliyah (MA) Nw Mengkuru. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 97–101. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.178

Ratminingsih. (2019). Pro Kontra Insersi Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Balispost.Com. http://www.balipost.com/news/2019/11/07/91907/Pro-Kontra--Insersi-Pembelajaran-Bahasa...htm

Ridwan, M., Sya, M. F., & Kholik, A. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand. Karimah Tauhid, 3(2), 1783–1790. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11909

Romasta Naiborhu. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.

Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 374–382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sami’yah Safawiyah). Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i.67

Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan Mahabbatul Yatim Ciangsana Kabupaten Bogor. E-DIMAS, 8(2), 174–183. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/djp.v10i1.411

Sulaeha, S. T. (2017). Pokok Bahasan Encourage Someone Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Silent Way Pada Siswa Kelas XII IPS 1 MAN 1 Watampone Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 23–30. ejournal.tsb.ac.id

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhid, 2(2), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Wiyanah, S. dkk. (2020). Metode Pembelajaran Audiolingual yang Berfokus pada Pembentukan Kalimat Sederhana dalam Bahasa Inggris Bagi Penyandang Tuna Netra. Abdimas Dewantara, 3(2), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v3i2.2834

Yani, D. (2016). Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 10(1), 9. https://doi.org/10.24036/ld.v10i1.6325

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>