Tinjauan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: Pendekatan Tradisional dan Inovatif
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan membandingkan metode- metode pembelajaran bahasa Inggris, yaitu Grammar Translation Method, Direct Method, Audio Lingual Method, dan The Silent Way. Dengan menggunakan metode observasi langsung dan studi kepustakaan, data dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal, dan riset terdahulu. Setiap metode pembelajaran dianalisis untuk memahami karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya serta dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing metode memiliki fitur dan tujuan yang unik, dengan kelebihan dan kelemahan tertentu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dalam memilih pendekatan yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran mereka
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdi Aziz, M. (2023). Penggunaan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Muhadatsah. Journal of Engineering Research, 2(1), 89–97.
Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 344–353. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279
Adil, S., Rani Arifa, T., & Jumiati. (2021). Efektivitas Direct Method Terhadap Kemampuan Membaca di Kelas 1 SD N Tinggiran Kecamatan Tamban. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 4–5. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/eprint/9990
Al’Adawiyah, D. R., & Rihadatul Aisy, F. (2019). The Silent Way : Membangun Kreatifitas Dalam Kemampuan Taqdimul Qisoh Bahasa Arab. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 3(1), 165–183. https://prosiding.arab.um.con
Al Faroos, A., & Masrun. (2024). Metode Shatmitah (The Silent Way Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Iurnal of Education and Language, 1(1), 96–104. https://doi.org/https://doi.org/10.62083/7jg41m70
Alek. (2014). Perspektif Baru Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Direct Method. Lentera Pendidikan, 17(2), 153–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/Ip.2014v17n2a1
Amaniarsih, D., & Nafisah. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Grammar Translation Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Smp Yabes Medan Application of the Grammar Translation Learning Method in Improving English Language Skills in Class. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 139–143. https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jurdimas/article/download/1414/1052
Amertawengrum, I. P. (2019). Direct Method sebagai Sebuah Metode Pembelajaran Bahasa. Jurnal Magistra, ISNN 0215-(95), 8–13. https://download.garuda.kemdikbud.go.id
Ayu Prihatini, D. (2014). Penggunaan Metode Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris di PIA English Course Manado. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Univesitas Surabaya, 1(2), 1–15. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311
Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/almaaraji.v1i1.2385
Candra, E. N. (2017). The Effect of Using Silent Way Method Towards Students’ Speaking Ability at 7 th Grade of SMP Darul Ma’arif. Jurnal Eduscience, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/elt-lectura.v7i2.4568
Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelurahan Kalibobo Kabupaten Nabire Papua Tengah. Jurnal Wiyata Cenderawasih, 1(1), 41. https://uswim.e-journal.id/WiyataCendrawasih/article/download/407/308
Febriani Sya, M., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktita Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Junanah. (2014). Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Mendorong Peserta Didik Lebih Kreatif, Mandiri, dan Bertanggung Jawab. El-Tarbawi, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art4
Lutfiyah. (2020). Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung. Al Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar., 5(2), 53–68.
Mainandir, L. dan M. S. (2022). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive. Journal of Education Science (JES), 8(2), 293–297. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2430
Marlina, L. (2016). Efektivitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Al-Tsaqafa, 13(2), 212–226. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1973
Meliyawanti, & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/literasi.v2i01.152
Meylina, & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366
Minkhatunnakhriyah, Fahriany, & Albiansyah. (2021). Analisis Penggunaan Tata Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Thailand. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 34–44. https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4417
Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (GTM) Dalam Meningkatkan Writing Skill (Ws) dan Self-Development (Sd) Siswa Madrasah Aliyah (MA) Nw Mengkuru. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 97–101. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.178
Ratminingsih. (2019). Pro Kontra Insersi Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Balispost.Com. http://www.balipost.com/news/2019/11/07/91907/Pro-Kontra--Insersi-Pembelajaran-Bahasa...htm
Ridwan, M., Sya, M. F., & Kholik, A. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand. Karimah Tauhid, 3(2), 1783–1790. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11909
Romasta Naiborhu. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.
Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 374–382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839
Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sami’yah Safawiyah). Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i.67
Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan Mahabbatul Yatim Ciangsana Kabupaten Bogor. E-DIMAS, 8(2), 174–183. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/djp.v10i1.411
Sulaeha, S. T. (2017). Pokok Bahasan Encourage Someone Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Silent Way Pada Siswa Kelas XII IPS 1 MAN 1 Watampone Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 23–30. ejournal.tsb.ac.id
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhid, 2(2), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307
Wiyanah, S. dkk. (2020). Metode Pembelajaran Audiolingual yang Berfokus pada Pembentukan Kalimat Sederhana dalam Bahasa Inggris Bagi Penyandang Tuna Netra. Abdimas Dewantara, 3(2), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v3i2.2834
Yani, D. (2016). Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 10(1), 9. https://doi.org/10.24036/ld.v10i1.6325