Problematika Covid-19 Terhadap Implementasi Kurikulum Serta Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Sefhia Naila Sabrina
Rasmitadila

Abstract

Corona virus atau sering disebut dengan COVID-19, merupakan virus mematikan yang tengah melanda berbagai belahan dunia. Yang mengakibatkan siswa harus belajar “di rumah”. Pembelajaran daring ini merupakan tantangan baru bagi para pendidik di masa pandemi ini, bahwa mereka dituntut untuk bisa menerapkan pembelajaran berani ini melalui implementasi kurikulum 2013. Itu menyebabkan perubahan proses pembelajaran yang menimbulkan masalah baru khususnya bagi para pendidik diri. Masalah pendidikan Daring learning tidak hanya membuat cemas para pendidik, tetapi juga siswa dan orang tua. Dengan res kualitatif cari melalui wawancara dan pengamatan menunjukkan kondisi lapangan tentang masalah implementasi kurikulum 2013 menuju proses belajar di masa pandemi Covid - 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pendidik mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan belajar l maksimal, penurunan pemahaman dan motivasi di kalangan siswa, serta lemahnya pengawasan terhadap siswa ketika mereka belajar, dan masalah ekonomi orang tua. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan teori tertentu sementara beberapa kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya di pandemi covid.

Article Details

How to Cite
Sabrina, S. N., & Rasmitadila. (2022). Problematika Covid-19 Terhadap Implementasi Kurikulum Serta Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah. Karimah Tauhid, 1(2), 195–199. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6449
Section
Articles
Author Biography

References

Jamal, Syamsul. 2020. Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan.

Jurnal Nalar Pendidikan. Volume 8. Nomor 1. ISSN: 2339-0794. SMK Negeri 1 Tambelangan.

https://media.neliti.com/media/publication.

s/331350-problematika-pembelajaranhttps://media.neliti.com/media/publications/331350-problematika-pembelajaran-jarak-jauh-pad-f67e8dbd.pdf (diakses pada 18 Januari 2021).

Wawancara, dengan Ibu Wilda Lukmawati S.Pd.I. (Kepala sekolah, Mi Millata Ibrahim)

tanggal 21 Maret 2022.

Wawancara, dengan Bapak Iwan Munajat S.Pd.I. (Guru wali kelas Mi Millata Ibrahim)

tanggal 21 Maret 2022.

Wawancara, dengan Bapak Damaludin S.Pd. (Guru wali kelas Mi Millata Ibrahim)

tanggal 21 Maret 2022.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Bahri, Syaiful. et.ec. 2020. Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. STKIP PGRI Sumenep. (diakses pada 10 Februari 2021).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>