Efektivitas Pelayanan Sistem BPJS di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor

Authors

  • Raihan Salman Dermawan Universitas Djuanda
  • Euis Salbiah Universitas Djuanda
  • Gotfridus Goris Seran Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15636

Keywords:

Efektivitas, Pelayanan Publik, Sistem BPJS, Puskesmas

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan yang diselenggarakan oleh Sistem Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ( BPJS ) di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor dalam rangka inisiatif pemerintah untuk meningkatkan akses kesehatan yang merata. Sistem BPJS diharapkan dapat meningkatkan akses yang lebih baik dan merata kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu uraian yang berupa penggambaran untuk menjelaskan jawaban yang diberikan responden dalam kuesioner, data- data yang diperoleh melalui observasi , wawancara ,angket, daftar pustaka dan dokumentasi lapangan. Teknik menghitung data kuesioner dengan weight mean score (WMS). Adapun sampel yang diteliti berjumlah 96 orang yang merupakan peserta BPJS di Puskesmas Caringin. Terdapat enam dimensi dalam penelitian ini yaitu  ketepatan waktu pelayanan, ketersediaan obat-obatan, kesopanan pelayanan, kenyamanan pelayanan, adanya tenaga medis. Hasil penelitian menunjukan pelayanan yang diselenggarakan melalui sistem BPJS di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor sudah  efektif.

References

Ainur Rahma, Septo Paweles Arso, Anneke Suparwati. (2015).“Implementasi Fungsi Pokok Pelayanan Primer Puskesmas Sebagai Gatekeeper Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (Studi Di Puskesmas Juwana Kabupaten Pati).” Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 3, no. 3, pp. 1-11, https://doi.org/10.14710/jkm.v3i3.12036

Budiarto, D., Krisna, E., & Seran, G. G. (2005). Perspektif Pemerintah Daerah Otonomi Birokrasi dan Pelayanan Publik. PT Ghalia Indonesia Printing.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Puskesmas di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), 2014.

Marmiyanah. dkk. (2021) Pancarona dalam Negeri. (n.p.): Omera Pustaka

M.Hamdani. (2015) “Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor).” Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik 3(3): 90–98.

Mita, Heni Suparti,(2023) Efektivitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien BPJS

(Badan Penyenggara Jaminan Sosial) Pada Poli Kesehatan Ibu &Anak di Puskesmas Bintang Ara JAPB : Volume 6 Nomor 2, (ISSN : 2723-0937)

Moenir, A.S., (2000). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia . Jakarta: Bumi

Aksara

Nurmas Hasanah, Euis Salbiah, and Afmi Apriliani. (2020) “Kualitas Pelayanan

Pembuatan Kartu Keluarga (Kk) Pada Kantor Kecamatan.” Jurnal Governansi 8(2): 141–52. https://doi:10.30997/jgsv8i2.5438.

Evi Rahmawati, Irma Purnamasari, Gotfridus Goris Seran. 2020. “Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala Angkutan Kota Di Kota Bogor.” Administrasi Publik Djuanda University 2(2): 66–74.

Rahmawati, R., Fitriyana, D., Pratidina, G., & Seran, G. G. . (2024). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1349–1361. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11607

Seran, G. G., Pratidina, G., & Sahila, A. N. (2024). Pelayanan Publik dalam Pemilihan Umum 2024. Karimah Tauhid, 3(1), 296–303. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11340

Solechan. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.” Administrative Law and Governance Journal 2(4):686–96. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.686-696.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas.

Pramana, Chairunnisa Widya Priastuty. 2023. “Perspektif Masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan Mengenai Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).” Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional 3(1): 30–41. https://doi:10.53756/jjkn.v3i1.98.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan Jakarta: sekretariat Negara.

Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Dermawan, R. S., Salbiah, E., & Seran, G. G. (2024). Efektivitas Pelayanan Sistem BPJS di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(10), 11677–11690. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15636

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>