Pengembangan Produk Pangan Ekspor Potensial Indonesia Studi Kasus Keripik Talas pada Program Studi Independen Bersertifikat di Sekolah Ekspor

Authors

  • Muhamad Rizki Fauzi Universitas Djuanda
  • Muhammad Fakih Kurniawan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15481

Keywords:

keripik talas, ekspor, business model canvas, UMKM

Abstract

Program Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Sekolah Ekspor bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan bisnis ekspor, terutama pada produk pangan lokal Indonesia seperti keripik talas. Penelitian ini berfokus pada inovasi pengembangan produk keripik talas untuk memenuhi standar internasional dan meningkatkan daya saing di pasar global. Talas (Colocasia esculenta L.) merupakan salah satu komoditi lokal dengan kandungan karbohidrat tinggi yang potensial untuk dijadikan produk ekspor unggulan.  Kegiatan produk development melibatkan orientasi bisnis ekspor, proses produksi, dan strategi pemasaran berbasis Business Model Canvas (BMC) yang diterapkan di UMKM erskeeys food. Melalui tahap onboarding media sosial dan marketplace, produk keripik talas dipromosikan secara efektif, sementara pameran bisnis membantu memperluas jaringan pasar. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan persiapan ekspor yang matang dapat meningkatkan peluang ekspor produk keripik talas, terutama di negara-negara Asia Timur yang memiliki permintaan tinggi akan makanan ringan dengan rasa unik. Penelitian ini juga mengidentifikasi kendala dalam kesiapan ekspor, seperti standar kualitas, sertifikasi, dan persaingan global, yang dapat diatasi melalui kolaborasi dengan mitra strategis.

References

Afifah, N., Sholichah, E., Widyawati, A., Khudaifanny, S., & Budiarti, T. (2021). Pengaruh kemasan terhadap masa simpan keripik tortila modifikasi tempe dan tepung mocaf dengan metode akselerasi berdasarkan pendekatan Arrhenius. PANGAN, 30(2), 129-136.

Aviana, T., & Lobies, E. H. (2017). Pengaruh proses reduksi kandungan kalsium oksalat pada tepung talas dan produk olahannya. Warta IHP/Journal of Agro-based Industry, 34(1), 36-43.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017a). Statistik ekspor non migas Indonesia. Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017b). Produk domestik bruto per triwulan atas dasar harga konstan 2000 menurut lapangan usaha, 2000-2014 (miliar rupiah). Jakarta.

Dewa, B. P., & Setyohadi, D. B. (2017). Analisis dampak faktor customer relationship management dalam melihat tingkat kepuasan dan loyalitas pada pelanggan marketplace di Indonesia. Jurnal Telematika, 14(01), 33-38.

Harnum, M. (2016). Analisis nilai tambah keripik talas Priangan pada industri rumah tangga "Darmatian Product" di Kota Palu. e-J. Agrotekbis, 4(6), 725-731. https://doi.org/10.1234/abcd.efgh

Hartati, N. S., & Prana, T. K. (2003). Analisis kadar pati dan serat kasar tepung beberapa kultivar talas (Colocasia esculenta L. Schott). NaturIndonesia, 6(1), 29-33.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan bisnis model canvas dalam penentuan rencana manajemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42-51.

Hodijah, S., & Angelina, G. P. (2021). Analisis pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 10(01), 1-10. https://doi.org/10.1234/abcd.efgh

Joewono, H. (2011). The 5 Arrow Of Business Creation and Entrepreneurship: Lima langkah memulai dan mengembangkan bisnis baru. Jakarta: Arrbey.

Karimah, N. I., Sukandar, D., & Heryatno, Y. (2023). Konsumsi umbi-umbian di Indonesia. Jurnal Gizi dan Dietetik, 2(1), 45-52.

Kementerian Perdagangan RI. (2023). Surplus tiga tahun berturut-turut, neraca perdagangan Indonesia April 2023 tembus USD 3,94 miliar. Diakses pada 5 Juni 2023, dari https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/surplus-tiga-tahun-berturut-turut-neraca-perdagangan-indonesia-april-2023-tembus-usd-394-miliar

Kementerian Perdagangan. (2023). Satu data perdagangan: Data dan informasi. Diakses pada 5 Juli 2023, dari https://satudata.kemendag.go.id/data-informasi/perdagangan-luar-negeri

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite: The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Mahendra, I. G. Y., & Kesumajaya, I. W. W. (2015). Analisis pengaruh investasi, inflasi, kurs dollar Amerika Serikat dan suku bunga kredit terhadap ekspor Indonesia tahun 1992-2012. e-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4(5), 525-545.

Mursalim, S. W., Ravenska, N., & Wijayanti, R. (2020). Penguatan pengusaha pemula berbasis teknologi Jawa Barat melalui pendampingan inkubator bisnis Politeknik Stia Lan Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.

Praseptiangga, D., Maheswari, D. E., & Parnanto, N. H. R. (2020). Pengaruh aplikasi edible coating hidroksi propil metil selulosa dan metil selulosa terhadap penurunan serapan minyak dan karakteristik fisikokimia keripik singkong. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 13(2), 70–83.

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis business model canvas pada operator jasa online ride-sharing (studi kasus Uber Indonesia). Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), 235-239.

Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan materi pelatihan kewirausahaan kelompok UPPKS. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ramdhiana, R. F., Jannah, A., & Wibaningwati, D. B. (2021). Pengaruh perlakuan perendaman terhadap karakteristik tepung talas Bogor (Colocasia esculenta L. Schott) pada klon yang berbeda. Agrisintech (Journal of Agribusiness and Agrotechnology), 1(2), 58–68. https://doi.org/10.31938/agrisintech.v1i2.286

Rinaldo, R., & Chozin, M. A. (2016). Manajemen sortasi dan pemecahan buah kakao (Theobroma cacao L.) di Jawa Tengah. Buletin Agrohorti, 4(2), 210-214.

Sahruddin, F., Sukainah, A., & Jamaluddin. (2020). Rancang bangun alat pencuci wortel (Daucus carota L.). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 6(1), 33-40.

Tartono. (2016). Perancangan mesin pengupas kulit kentang kapasitas 3 kg/proses. Skripsi. Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Untari, D., & Fajariana, D. W. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial Instagram. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271-278.

Widiastuti, Y. (1997). Penanganan hasil panen tanaman obat komersial. Semarang: Trubus Agriwidya.

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di "Mas Pack" Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Fauzi, M. R., & Kurniawan, M. F. (2024). Pengembangan Produk Pangan Ekspor Potensial Indonesia Studi Kasus Keripik Talas pada Program Studi Independen Bersertifikat di Sekolah Ekspor. Karimah Tauhid, 3(10), 11218–11234. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15481

Most read articles by the same author(s)