Efektivitas Kampanye “Desak Anies” Melalui TikTok Terhadap Partisipasi Politik Pemilihan Presiden 2024 di Kota Bogor

Authors

  • Muhammad Luthfie Universitas Djuanda
  • Yandi Febrian Universitas Djuanda
  • Koesworo Setiawan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15239

Keywords:

Calon Presiden 01, Efektivitas Kampanye, Partisipasi Politik, TikTok

Abstract

Dilingkungan politik, media sosial digunakan oleh aktor politik untuk membentuk citra diri dan memobilisasi pemilih. Kampanye politik di pemilu 2014 banyak melibatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. TikTok, dengan format video pendeknya, menawarkan pendekatan kreatif dan interaktif yang dapat menarik perhatian pemilih, khususnya generasi muda, dengan biaya rendah.

Adapun tujuan penelitian ini yakni, mampu mendeskripsikan dan mampu menganalisis efektivitas kampanye Desak Anies untuk peningkatan partisipasi politik pemilihan presiden 2024 di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kampanye "Desak Anies" melalui TikTok memberikan pengaruh positif terhadap partisipasi politik dalam Pemilihan Presiden 2024 di Kota Bogor. Semakin tinggi intensitas penggunaan TikTok oleh pendukung calon presiden 01 untuk mendapatkan informasi kampanye, semakin tinggi pula tingkat partisipasi politik mereka. Indikator dengan skor tertinggi pada efektivitas kampanye adalah Peran Komunikator, sedangkan pada partisipasi politik, skor tertinggi berada pada indikator Konatif.

References

Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian. Aswaja.

Agung, I. M. (2016). Praktikum SPSS. Fakultas Psikologi.

Al Hanif, D. R., Mahdalena, V., & Handayani, L. (2023). Efektivitas Komunikasi Kesehatan Melalui Short Video Bagi Perubahan Perilaku Kesehatan. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 218–228. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5725

Apriliana, J., Setyabudi, D., & Nugroho, A. (2024). Pengaruh Terpaan Kampanye KPU Goes To Campus dan Berita Sanksi Pidana Mengajak Orang Lain Golput Terhadap Intensi Perilaku Anti Golput.

Clara, I., Lengkoan, J., & Kumayas, N. (2022). Efektivitas Program Relawan Demokrasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum 2019 Di Kota Bitung. 2(1), 1–12.

Dewi, & Ayunita, D. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Progam IBM SPSS 23 (Cetakan ke). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk pencegahan corona covid - 19 1). 5(2), 70–80.

Hidayat, H., Anggrain, L., Ridha, M., Sami’an, & Swarnawat, A. (2022). PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PTS DI RIAU. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1).

Ichwanusafa, R., & Aji, M. P. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Gambar 1 Negara Dengan Jumlah Pengguna TikTok Terbanyak di . 2(4), 329–337.

Merdekawati, A. (2024). Legalitas Upaya Propaganda Pencitraan Politis Capres dalam Negosiasi Pemilu 2024 ( Perspektif Hukum dan Komunikasi ). 4, 12389–12406.

Nazma, A. A., & Kn, J. (2024). Kampanye Kreatif Calon Presiden Anis Baswedan pada Media Sosial TikTok. 3(3), 86–93.

Nurudin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendikia.

Priyono. (2017). Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishin.

Putri, N. K. D. B. Y., Wijaya, I. M. G. P., & Gunawan, I. G. G. A. (2023). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata (Upw) 1 Smk Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(1), 80–94. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i1.2970

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Prenamedia Group.

Sari, A. P., Rinaldo, R., & Fardiana, E. (2011). DIGITAL OPINION # PuanAdalahHarapan DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS. 19–29.

Sitoyo, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sitoyo, SKM, M. Kes M. Ali Sodik , M.A.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, penerbit. Alfabeta.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Motode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenamedia Group.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Luthfie, M., Febrian, Y., & Setiawan, K. (2024). Efektivitas Kampanye “Desak Anies” Melalui TikTok Terhadap Partisipasi Politik Pemilihan Presiden 2024 di Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(10), 11039–11055. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15239

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>