Analisis Makna Lirik Hymne Universitas Djuanda dalam Mencerminkan Mahasiswa Bertauhid Menggunakan Kajian Semiotika

Main Article Content

Moh Dika Aryatama
Muhamad Rizki
Yandi Febrian

Abstract

Hymne merupakan lagu bernada sedang, memiliki tempo lambat, memiliki wibawa dan bermakna pujian, mengandung kekhidmatan dan berdasarkan norma agama serta mencerminkan visi misi sebuah institusi. Penulis mendapat inspirasi untuk meneliti makna tersirat yang berada pada institusi ini khususnya dalam mencerminkan 21 karakter tauhid.Untuk mengetahui makna tersirat yang berupa bahasa simbolis dalam karya musik seperti hymne diperlukan sebuah kajian atau pendekatan tertentu misalnya dilakukan dengan kajian semiotik. Hymne Universitas Djuanda memiliki tanda makna yang dapat diteliti dengan kajian semiotika Ferdinand De Saussure.Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui makna dari hymne Universitas Djuanda khususnya pencerminan karakter mahasiswa bertauhid.Dengan itu makna tauhid dalam lirik Hymne Universitas Djuanda dapat dikupas tuntas dengan menggunakan kajian semiotika. Metode  yang  digunakan  oleh  peneliti  merupakan metode kualitatif  dengan melakukan analisis semiotika Ferdinand De Saussure,yang menganalisa tanda-tanda yang ada dengan teknik dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian analisis makna lirik Hymne Universitas Djuanda dalam mencerminkan mahasiswa bertauhid menggunakan kajian semiotika didapatkan hasil bahwa cerminan mahasiswa berkarakter tauhid tergambar dalam lantunan lirik Hymne Universitas Djuanda, karena pada dalam setiap baitnya memiliki kandungan ketauhidan. Tindakan menuntut ilmu, beribadah, bertaqwa dan berdoa merupakan cerminan karakter manusia bertauhid. Tak ayal jika lagu ini dinyanyikan di setiap acara penting kampus,karena mengandung makna tauhid yang mendalam.

Article Details

How to Cite
Aryatama, M. D., Rizki, M., & Febrian, Y. (2023). Analisis Makna Lirik Hymne Universitas Djuanda dalam Mencerminkan Mahasiswa Bertauhid Menggunakan Kajian Semiotika. Karimah Tauhid, 2(1), 175–188. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7736
Section
Articles

References

Ambarini, & Umaya, N. M. (2010). Semiotika: Teori dan Aplikasi Pada Karya. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Apriliani, R., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Kajian Semiotika dalam Puisi “Jalan Hidup” Karya Dan-Yal. KARIMAH TAUHID, 1(4), 516–521. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7909

Asmuni, Y. (1993). Ilmu Tauhid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chase, R. B., Jacobs, F. R., & Aquilano, N. J. (2006). Operations Management for Competitive Advantage with Global Cases. New York: McGraw Hill Irwin.

Fanani, F. (2013). SEMIOTIKA STRUKTURALISME SAUSSURE. Jurnal The Messenger, Volume II(2), 10-15.

Farida, U. (2014). PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI TENTANG TAUHID, SAINS, DAN SENI. Fikrah, Volume II(2), 207-227.

Fatah, A. (2019). PENELUSURAN MAKNA TAQWA, DZIKR, DAN FALAH (Kajian Semantik dengan Pendekatan Teori Toshihiko Izutsu). Jurnal Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Volume XII(1), 49-70.

Fauziah, S. P., & Roestamy, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid. Depok: Rajawali Pers.

Gülen, M. F. (2014). Islam Rahmatan Lil Alamin. Jakarta: Republika.

Hidayat. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Hymne. (2016). Retrieved Januari 14, 2023, from Kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.web.id/himne

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa, Volume 16(1), 73 - 82.

Muslimah, & Humaira, M. A. (2022). Analisis Makna pada Puisi “Kepada Peminta-Minta” Karya Chairil Anwar Menggunakan Pendekatan Semiotika. KARIMAH TAUHID, 1(5), 623–631. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i5.7540

Roffiq. (2017). Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Volume 2(2), 35–40.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafiq, M. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Wibowo, & Agus. (2015). Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal disekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.