Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF

Authors

  • Annisa Sae Sendika Universitas Djuanda
  • Wilis Firmansyah Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya Religius, Peserta Didik

Abstract

Pendidikan karakter mencakup berbagai usaha yang bertujuan untuk menumbuhkan sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab pada anak-anak dan remaja oleh berbagai elemen sekolah yang bekerja sama dengan orang tua dan anggota masyarakat. Mencari tahu bagaimana implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui budaya religius agar datap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun dirumah adalah tujuan utama dari penelitian ini yang difokuskan di SDIT ALIF. Bagaimana strategi sekolah dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SDIT ALIF, Bagaimana peran guru dan orang tua dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SDIT ALIF dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SDIT ALIF. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam melakukan penelitian ini. Wawancara, studi dokumentasi, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Seumber informan yang diwawancara antara lain kepala sekolah, guru kelas dan orang tua peserta didik.

Temuan dari penelitian ini yaitu SDIT ALIF telah menerapkan pendidikan karakter peserta didik melalui budaya religius dengan melakukan penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung berbagai program dalam aktivitas sehari-hari disekolah. Para elemen disekolah berusaha untuk menerapkan karakter religius dengan disiplin seperti mengucapkan salam kepada guru lalu mencium tangan, shalat berjamaah di waktu dzuhur, infaq atau sedekah di hari Jumat, dan muraja'ah juz 30. Kepala sekolah hendaknya mengawasi program pendidikan karakter di sekolahnya untuk menjadikan lebih baik, agar sesua dengan visi dari SDIT ALIF. Diharapkan kepada orang tua untuk menyadari pentingnya menanamkan dan membiasakan menerapkan pendidikan karakter religius pada anak, dan agar guru kelas serta guru pendamping terus meningkatkan kompetensinya dalam melakukan hal tersebut, misalnya dengan lebih kreatif dalam memberikan hukuman kepada siswa. Orang tua perlu memahami bahwa pendidikan karakter keagamaan lebih dari sekedar tugas sekolah; sebaliknya, orang tua memainkan peran penting sebagai tripusat pendidikan, memastikan bahwa siswa mendapatkan transmisi pendidikan karakter religius yang paling efektif.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(1), 1–26. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

AZIZAH, M. L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Muhammadiyah Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. 1–83.

Fadilah, Rabi’a, Wahab Syakhirul Alim, A. Z., Iin Widya Lestari, A. B., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter. In Pendidikan Karakter (Issue January). https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-78-5

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(02), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Indarti Devi. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SD IT Jabal Nur Gamping”, Yogyakarta:Universitas Yogyakarta

Isop Syafei, Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandun, Jurnal Pendidikan Agama Islam , Vol. 17. No. 01, Juni 2020.hal. 19.

Kurniasih & Sani, Pendidikan Karakter: Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Disekolah, (Jakarta:Kata Pena, 2017), hal. 113-114.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2012), hal.232- 237.

Purnamasari, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.233

Ulfah, R., Aliyyah, R. R., & Fauziyah, R. S. P. (2018). Reward Dan Punishment Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri. Tadbir Muwahhid, 2(2), 98. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i2.1198

Rahmawati Ani Maulida. 2017. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 4 Malang”.h.2. Malang:Universitas Muhammadiyah Malang

Septi, M., & Anggraini, A. (2017). Implementasi Pendidikan karakter Melalui Budaya Sekolah di SD. Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 151–158. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/1877

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Slikyanti Fella.2019. “Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakater Siswa”, Indonesian Values and Character Education Journal , Vol.2. No. 1. hal. 38.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zuhri, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sd Islamal-Azhar Solo Baru. Terbitan Berkala Ilmiah (Journal), 26, 131–147.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Sendika, A. S., Firmansyah, W. ., & Adri, H. T. . (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius di SDIT ALIF . Karimah Tauhid, 3(8), 8800–8815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14862
Abstract viewed = 3 times

Most read articles by the same author(s)