Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05

Authors

  • Siti Febriyanti Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda
  • Syukri Indra Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986

Keywords:

PJBL, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa di kelas IV SD N Babakan Madang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dan mengumpulkan data. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian dan diskusi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif saat guru menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Ini karena siswa merasa lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran karena model ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa kelas IV SD Negeri Babakan Madang 05 dalam pelajaran IPA.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Bedasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Haryanto, dkk. (2018). Ilmu Pendidikan: landasan filosfis, rujukan teoritik, dan Terapannya. Yogyakarta: UNY Press.

Khasanah, dkk. (2022). Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran. Kota Batam: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

M. Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi. Penerbit Arruz Media Jogyakarta.

Nasution. S. (2010). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Sudjana, Nana.(2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo

Susilawati, W. N. Jannah, Dianasari. (2018). Efektivitas Project based learning terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPA Calon Guru SD. Eduhumaniora, 10(1), 38-49

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166.

Syukriya, Aini Ummu. (2020). Efektifitas Project based learning (Pjbl) berbasis Higher Order Thingking Skill (Hots) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab dengan Media Instagram: Studi Eksperimen d SMA Islam P.B. Soedirman 1 Bekasi. Tesis. Diunduh 20/09/2022.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Vebriyanto Rian. Dkk. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (pjbl). Bengkalis-Riau: DOTPLUS publisher.

Walsh, K. 2010. The Importance of Writing Skills: Online Tools To Encourage Success. Online. https://www.emergingedtech.com/2010/11/the-importance-of-writing-skillsonline-tools-to-encourage-success/.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Febriyanti, S. ., Adri, H. T., & Indra, S. (2024). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 05. Karimah Tauhid, 3(8), 9116–9125. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14986
Abstract viewed = 8 times