Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar

Main Article Content

Siti Nurhayati
Megan Asri Humaira
Wilis Firmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan penulisan huruf kapital pada karangan deskripsi peserta didik kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Babakan, Parungkuda, Sukabumi, khususnya di kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yaitu sebanyak 28 peserta didik. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu dengan observasi (pengamatan), wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah model Miles dan Huberman. . Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital pada tulisan peserta didik yaitu rendahnya motivasi belajar peserta didik, guru kurang memberikan pemahaman mengenai penulisan huruf kapital yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku serta orang tua kurang memberikan pemahaman mengenai penulisan huruf kapital yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Article Details

How to Cite
Nurhayati, S., Humaira, M. A., & Firmansyah, W. (2023). Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2379–2390. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10697
Section
Articles

References

Bahasa, I. B. P. dan P. (2009). UU RI No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Eriyanto. (2015). Anlisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (3rd ed.). Kencana.

Khasanah, R. U., Wiarsih, C., & Ernawati, A. (2021). Analisis kesalahan penulisan huruf kapital pada karangan narasi menggunakan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 310. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1126

Luqyana, G., & Indihadi, D. (2021). Analisis penulisan huruf kapital pada teks eksplanasi eserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 915–926. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41815

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mirnawati, & Firman. (2019). Penerapan teknik clustering dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Pesantren Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373

Mulyati, S. (2022). Kemampuan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan karangan deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(4), 2495–2504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Nalurita, A., & Rusmana, N. (2017). Kesalahan penggunaan penulisan huruf Kapital pada paragraf deskripsi di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1–9.

Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2019). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan eksposisi siswa kelas X Mipa (studi kasus di Sma Negeri 4 Surakarta). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 94. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37657

Permatasari, D. D., Satrijono, H., & Kurniasih, F. (2021). Kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam menulis tegak bersambung pada tema 6 SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Jurnal Auladuna, 3(2), 78–93. https://doi.org/10.36835/au.v3i2.944

Ramadhani, S. (2020). Model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan tahun pembelajaran 2020. Juranal Pendidikan, 7(1), 12–22.

Widyawati, K., & Indihadi, D. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Siswa Kelas II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 13–20. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25731

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. In Modul Pengantar Linguistik Umum. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>