Implementasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Taman Kanak Kanak

Authors

  • Siti Aminah Universitas Djuanda
  • Dini Friska Julia Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14521

Keywords:

TK, Kurikulum, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengidentifikasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak (TK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang dilakukan melalui survei dengan melibatkan 11 guru dari berbagai TK di Bogor. Pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo untuk mengidentifikasi tantangan, dampak, serta dukungan dalam penerapan Kurikulum Merdeka di TK. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK meliputi masalah keterbatasan waktu, pemahaman yang kurang mendalam tentang prinsip-prinsip kurikulum, dan keterbatasan fasilitas yang ada. Dampak dari penerapan kurikulum ini mencakup peningkatan peran aktif guru, pengembangan potensi anak-anak, serta peningkatan keterlibatan dan semangat anak dalam kegiatan pembelajaran. Dukungan yang tersedia bagi guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka mencakup pelatihan kurikulum, kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), keterlibatan wali murid, serta kerjasama antar-guru dalam pengembangan dan penerapan kurikulum untuk anak-anak.

References

Day, C., & Gu, Q. (2014). Resilient Teachers, Resilient Schools: Building and Sustaining Quality in Testing Times. London: Routledge.

Day, C., & Gu, Q. (2014). Resilient Teachers, Resilient Schools: Building and Sustaining Quality in Testing Times. London: Routledge

Hattie, J. (2015). The Applicability of Visible Learning to Higher Education. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 1(1), 79-91.

Kemedikbudristek (2022). Buku Saku: Tanya jawab kurikulum merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id

Killion, J. (2012). Coaching Matters. Oxford, OH: Learning Forward.

Linda Darling-Hammond et al. (2017). Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.

night, J. (2018). The Impact Cycle: What Instructional Coaches Should Do to Foster Powerful Improvements in Teaching. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, 5(9), 2

Sujana I.W.C ( 2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi widya: jurnal pendidikan dasar, 4 1),29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

(aliyah, 2024)

(aliyah, pengelolaan tenaga pendidik pada sekolah dasar , 2017)

(aliyah, implementasi kurikulum merdeka: strategi guru dalam mengelola kedisplinan siswa sekolah dasar, 2024)

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Aminah, S., Julia, D. F., & Aliyyah, R. R. . (2024). Implementasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Taman Kanak Kanak. Karimah Tauhid, 3(8), 8945–8956. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14521
Abstract viewed = 7 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>