Pengaruh Informasi Konkret Krisis Kemanusiaan Palestina di Instagram @cnnindonesia Terhadap Kepercayaan Remaja Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14463Keywords:
Informasi Konkret, Instagram, Kepercayaan RemajaAbstract
Maraknya informasi krisis kemanusiaan Palestina yang terus beredar membuat isu di masyarakat bernuansa empati, kemarahan, kesedihan. Terlihat dengan munculnya tagar-tagar yang trending di instagram seperti #solidaritas palestina, #savepalestine, #pedulipalestine, #freepalestine. Hal ini menjadi pro dan kontra di Instagram dan mempengaruhi kepercayaan remaja. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan pengaruh krisis kemanusiaan Palestina pada instagram @cnnindonesia terhadap pembentukan sikap remaja di kota Bogor. Metode penelitian yang diggunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disebarkan kepada remaja di kota Bogor. Diukur dengan menggunkan skala Likert. Data dianalisis menggunakan WMS (weight mean score). Hasil penelitian diperoleh variabel Informasi Konkret memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kepercayaan Remaja.
References
Agesti, Y. (2020). Pengaruh Konten Channel Youtube Jurnalrisa Terhadap Opini Subscriber Tentang Konten Mistis. Jom Fisip, 7.
Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Aprilia, N. (2016). Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Dii Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Bandung: Digital Library Universitas Pasundan Bandung.
Ardianto, E. (2009). Public Relation Praktis. Edisi Pertama. Jakarta: Widya Padjajaran.
Aripin, Z. (2021). Marketing Management. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Awaliah, R. I. (2024). Wawancara Tentang Pengaruh Konten Informasi Krisis Kemanusiaan Palestina Pada Instagram @cnnindonesia Terhadap Pembentukan Opini Publik Remaja Di Kota Bogor. (D. Maulana, Intervjuare)
CNBC Indonesia. (2024). Video: PBB: Perang Membuat 577 Ribu Warga Palestina Kelaparan. CNBC Indonesia.
CNN Indonesia. (2024). Update Perang Hamas vs Israel: 9.521 Orang Tewas, Gaza Makin 'Sekarat'. Hämtat från cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231030101022-120-1017558/update-perang-hamas-vs-israel-9521-orang-tewas-gaza-makin-sekarat
Coronel, C., & Morris, S. (2015). Database Systems: Design, Implementation, & Management. Cengage Learning.
Kaharmudzakir, I., & Qudsi, M. I. (2022). Pengaruh Konten Instagram @interstudiofficial dan Opini Mahasiswa. Jurnal Riset Komunikasi, 5(1).
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. Hämtat från datareportal.com: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia?rq=digital%20indonesia%202023
Listyorini, S. (2015). Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Fashion Yang Dipasarkan Melalui Media Sosial Facebook. Jurnal Ilmu Sosial, 14(1), 15-17.
Morrisan. (2018). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa (4 uppl.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Muchyuzaar, N. (2023). Posskriptum: Para Pembuat Mitos. Yogyakarta: Basabasi.
Nadila, S. R. (2024). Wawancara Tentang Pengaruh Konten Informasi Krisis Kemanusiaan Palestina Pada Instagram @cnnindonesia Terhadap Pembentukan Opini Publik Remaja Di Kota Bogor. (D. Maulana, Intervjuare)
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram BY.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Nasrullah, R. (2017). Teori Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosiso Teknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1).
Putri, C. A., & Wulandari, S. (2023). Perancangan Feed Instagram Portofolio Brand Ratulangi Sebagai Media Promosi Kawakibi Digital Branding. Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1).
Qadri, M. (2023). Pengaruh Media Sosial dalam Membangun Opini Publik. Jurnal Hukum Tata Negara.
Rahadian, F., & Rahman, H. I. (2023). Abimuda Instagram Message Strategy In Building ASN Brand Engagement. Internasional Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS), 4(2).
Ramadhan, A. (2024). Wawancara Tentang Pengaruh Konten Informasi Krisis Kemanusiaan Palestina Pada Instagram @cnnindonesia Terhadap Pembentukan Opini Publik Remaja Di Kota Bogor. (D. Maulana, Intervjuare)
Rasta, E. D. (2024). Wawancara Tetang Pengaruh Konten Informasi Krisis Kemanusiaan Palestina Pada Instagram @cnnindonesia Terhadap Pembentukan Opini Publik Remaja Di Kota Bogor. (D. Maulana, Intervjuare)
Somirat, Soleh, & Elvinaro Ardianto. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tosepu, Y. A. (2017). Pendapat Umum dan Jejak Pendapat, Teori Konsep dan Applikasi. Makassar: In Ebook.
Tukino, T., & Amrizal, A. (2021). Rancang Bangun Sistem E-Recruitment Karyawan pada PT Haleyora Powerindo. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 144 - 149 .
Utomo, W. P. (2023). Bagaimana Bias Pemberitaan Media Barat Mengaburkan Penjajahan Israel atas Palestina? Jombang: NU Online.
Wainira, M. A., Liliweri, Y. K., & Mandaru, S. S. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 138–148.
Xiang, & et al. (2015). What Can Big Data And Text Analytics Tell Us About Hotel Guest Experience And Satisfaction. Journal of Hospitality Management Pumplin Collage of Business, 44, 120-130 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dendi Maulana, Ali Alamsyah Kusumadinata, Agustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.