Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar : Tinjauan Metode Total Physical Response
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14217Keywords:
Bahasa Inggris, Total Physical Response, Sekolah DasarAbstract
Artikel ini meninjau metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris, mengidentifikasi pentingnya pendekatan ini dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di sekolah dasar melalui penggunaan gerakan fisik sebagai respons terhadap instruksi bahasa. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai Pendekatan Total Physical Response dalam pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Pendekatan studi pustaka dipilih untuk menghimpun informasi dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan. Proses pengumpulan data melibatkan identifikasi sumber, pengumpulan informasi, evaluasi sumber, dan sintesis data untuk mendukung analisis yang komprehensif. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dalam metode Total Physical Response instruksi dan perintah digunakan sebagai metode pembelajarannya memiliki banyak manfaat yang paling dikenal yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan alami melalui respons gerakan fisik terhadap instruksi bahasa. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, tetapi juga menjaga minat siswa dan menghubungkan bahasa dengan aktivitas fisik, yang memperkaya pengalaman belajar secara menyeluruh. Dan manfaat itu bisa di dapatkan apabila digunakana sesuai dengan kebutuhan siswa dan kelas.
References
Adnyani, N. W. S. (2018). Metode Total Physical Response (TPR) Untuk Pengembangan Kemampuan Mendengarkan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Ayu, C., Asilestari, P., Sari, N., Zalisman, Z., Rifiyanti, H., Mahmud, S., Rosadi, A., Mega, I. R., Meisyalla, L. N., Hardi, V. A., & Rumapea, E. L. B. (2023). Buku Ajar Bahasa Inggris (D. Dicky & N. Fahriza, Eds.; 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. www.penerbitlitnus.co.id
Dwiastuty, N., Anggoro, D., & Anita, T. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR). Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). http://www.vobs.at/ludescher
Endah Nugraheni, N., Danu Kristian, L., & Gadjah Mada, U. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita. In Jurnal Lingua Applicata (Vol. 2).
Heriyawati, D. F., Mistar, J., & Suhartoyo, E. (2023). Pelatihan Pengajaran Bahasa dengan Menggunakan Teknik Total Physical Response dan Mind Mapping pada Guru-guru Sekolah Dasar Kecamatan Kedungkandang Malang. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4). http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Ikhwati, A., & Megawati, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Deiksis, 10(01).
Kurniawati, A., Paramita, N. P., & Syamsiyah, D. (2019). Pengaruh Metode Total Physical Response Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jih.v2i2.218
Larsen-Freeman, D., & Anderson, M. (2011). Techniques & Principles in Language Teaching. Oxford University Press.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Jurnal Warta Dharmawangsa . https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Mulyanah, E. Y., Ishak, I., & Firdaus, Moh. I. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3855
Mustadi, A. (2012). Peningkatan Active English Achievement Melalui Metode “Total Physical Response” Siswa Sekolah Dasar.
Purwa, T. L., Yuwana, S., & Hendratno, H. (2021). Metode Pembelajaran Total Physical Response Pada Peserta Didik. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2). https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.7233
Rusdiyanti, I. T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Dengan Menggunakan Total Physical Response Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Santa Maria III Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1).
Saepudin, S. (2014). English Learning and Teaching Methodology. TrustMedia.
Sariyati, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11(1).
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1).
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144
Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arina Putri, Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.