Bahasa dan Komunitas: Membina Hubungan Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Komunikatif
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14175Keywords:
Pengajaran Bahasa, CLT, Pembelajaran Bahasa Komunitas, Komunikasi BahasaAbstract
Di Indonesia bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang dipelajari. Artikel ini bertujuan untuk membahas dua pendekatan dalam pengajaran bahasa, yaitu Pengajaran Bahasa Berbasis Komunikatif Communicative Language Teaching/CLT dan Community Language Learning (Pembelajaran Bahasa Komunitas). Pendekatan CLT menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif yang nyata, sementara Pembelajaran Bahasa Komunitas menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan interaksi dalam kelompok kecil. Artikel ini mengeksplorasi prinsip-prinsip, strategi, dan implikasi dari kedua pendekatan ini dalam konteks pendidikan bahasa saat ini. Diskusi tentang perbandingan antara keduanya juga disertakan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pendekatan-pendekatan ini dapat diterapkan secara efektif dalam pengajaran bahasa. Dalam penelitian ini, kajian literatur dan pengamatan di kelas dimanfaatkan untuk menilai sejauh mana keefektifan metode pembelajaran bahasa.
References
Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342
Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207
Anisa, & Febriani Sya, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512
Capinera, john L. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Dewi, R., Kharisma, A. P., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Aplikasi Reado: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Pada Kegiatan Sosial Komunitas Katalis Pendidikan dengan Metode Design Sprint. Jurnal Pengembangan Teknologi …, 4(3). Retrieved from https://jptiik.multi.web.id/index.php/j-ptiik/article/view/7092%0Ahttps://jptiik.multi.web.id/index.php/j-ptiik/article/download/7092/3424
Fawaid, A., & Damayanti, A. D. (2024). Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 145. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2914
Kertiasih, N. N., Kardana, I. N., Warmadewi, A. A. I. M., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya kepada Sekaa Teruna-Teruni Desa Tenganan Dauh Tukad. Jurnal Abdidas, 2(5), 1064–1071. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.416
Lukito, J. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Menggunakan Metode Audio-Lingual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Bahasa Arab, 6, 12356–12363.
Magfirah, S., Adam, S., Maricar, F., & Pandjaitan, I. P. (2021). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris melalui Media Games di Lingkup Komunitas Ternate. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 109–116. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1261
Mola, M. (2021). Pengaruh Persepsi Atas Pendekatan Komunikatif Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa (Survei pada Sekolah Menengah Pertama Swasta di Bekasi). EduPsyCouns, 3(2020), 1–9.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi literatur tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran the power of two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610. Retrieved from https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561
Rahmi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Kinetika Kimia. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 43. https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1197
Rufaiqoh, E. R., Ainul Yaqin, M., & Yunus, M. (2021). Pendampingan Komunitas Lembaga Kementrian Bahasa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kemahiran Berbicara Dengan Menggunakan Metode Mubasyarah Guna Mempermudah Dan Membiasakan Peserta Didik Dalam Berbicara Bahasa Arab Di Lingkungan Lembaga Kementrian Bahasa M. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i2.15
Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19
Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun INternational Journal of Economic,Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.
Syarifah, E. F., Nurhidayat, E., & Fakhruddin, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2102–2109. Retrieved from https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5551
Tulalessy, Q. D. (2018). Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Ekologis. Jurnal Triton Pendidikan, 1(1), 51. https://doi.org/10.30862/jtp.v1i1.795
Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya. Jurnal Abdidas, 2(4), 743–751. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.354
Widyaningrum, W., & Sondari, E. (2020). Penerapan Model PAKEM Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(2), 60–66. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.129
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shofia Saniah Nuriah, Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.