Mengatasi Kesulitan Belajar di SD dengan Pendekatan Psikologi

Authors

  • Akviani Fauziah Hasanah Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14168

Keywords:

mengatasi, kesulitan belajar, sekolah dasar, pendekatan, psikologi

Abstract

Menjadi guru membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus; tugas mereka bukan hanya mengajarkan siswa, tetapi juga membantu mereka memecahkan masalah belajar. Guru harus dekat dan membantu siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan mendiagnosis dan mengatasi ketidakmampuan belajar siswa dengan pendekatan psikologis Identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dan membuat metode pembelajaran yang berguna. Orang tua dan pendidik  berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa.

References

Hamidah, Nur; Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Nasution, F., Jannah, W., Hasnan, A., & Luqiana, J. N. (2023). Pengaruh Psikologi Pendidikan Terhadap Kualitas Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i1.259

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA UPAYA MENGATASI PERMASLAHAN BELAJAR - CORE Reader. (n.d.).

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi literatur tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran the power of two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (n.d.). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Agung. 155–163.

Sugiyanto. (2009). Psikologi Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, IV(0274), 113–132.

Utami, A. P. (2019). Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi pada Siswa dalam Menerima Pelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/15060

Zain, A., DJollong, A. F., Supadmi, Ahmad, A. K., Nurmina, Walid, A., Rachmijati, C., Salmiati, Banat, A., Harum, A., Fisher, D., Matiani, Asmawati, & Firmansyah, M. A. (2022). Psikologi Pendidikan. In Arr Rad Pratama.

Published

2024-07-19

How to Cite

Hasanah, A. F. ., & Laeli, S. (2024). Mengatasi Kesulitan Belajar di SD dengan Pendekatan Psikologi. Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14168
Abstract viewed = 7 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>