Analisis Kinerja Pegawai dalam pembuatan E-KTP di Kecamatan Megamendung
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.14020Keywords:
Kinerja Pegawai, E-KTP, Kecamatan MegamendungAbstract
Lingkungan kerja berdampak pada tingkat kontribusi yang diberikan pegawai kepada organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna memberikan gambaran mengenai kinerja pegawai yang terlibat dalam proses pembuatan E-KTP di Kecamatan Megamendung. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi analisis dokumen, observasi, wawancara non struktural, dan teknik kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan weigh means score (WMS). Sampel penelitian terdiri dari seratus orang warga Kecamatan Megamendung. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kinerja pegawai dalam pembuatan E-KTP di Kecamatan Megamendung dilakukan dengan baik. Hal ini didukung oleh rata-rata rekapitulasi kinerja pegawai yaitu 3,89 yang tergolong baik. Studi ini juga mengungkapkan bahwa dimensi kecakapan merupakan 3,93 yang dikategorikan baik dan kualitas hasil kerja merupakan 3,82 yang dikategorikan baik.
References
Akmal, M. A. (2012). Pelaksanaan Pembuatan Ktp Elektronik (E-KTP) Ditinjau Dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2011 Di.
Amelia, H., & Setyawati, K. (2023). Analisis Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Kelurahan Bidara Cina Kota Administrasi Jakarta Timur. PANDITA: Jurnal Hubungan Masyarakat Interdisipliner , 6 (2), 181-195.
Choirunnisa, S. A. (2022). Hubungan Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Megamendung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Fauzan, A, M., Gotfridus Goris Seran, & Afmi Apriliani. (2023). Evaluasi Tingkat Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Cilodong Kota Depok. Karimah Tauhid, 2(5), 2284–2293. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10592
Fauzan, M. A., Seran, G. G., & Apriliani, A. (2023). Evaluasi Tingkat Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Cilodong Kota Depok. Karimah Tauhid, 2(5), 2284-2293.
Halawi, D. H., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2017). Analisis Kinerja Pegawai Bidang Pengendalian Dan Penertiban (DALTIB) Pada Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i1.199
Hardianto, W. T., Firdausi, F., & Lestari, A. W. (2021). Fungsi E-KTP Untuk Mendukung Pemerintah Daerah Dalam Pendataan Dan Pelayanan Publik. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 212–222. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.5704
Hidayat, A. (2019). Analisis Kinerja Pegawai Kelurahan Sudimara Selatan Ciledug. Jurnal Administrasi Publik (PAJ) , 3 (1).
Mahendra, R., Darmawan, A., & Puspaningtyas, A. (2022, Agustus). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Dalam Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 211-215).
MAM HENDARTO, M. U. H. A. M. M. A. D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor).
Munawaroh, E., Seran, G. G., & Apriliani, A. (2024). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1435-1448.
Munawwarah, Z., Purnamasari, I., & Apriliani, A. (2024). Kualitas Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), 4917-4928.
Munispa, S., Amri, C., & Rahmawati, R. (2017). Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Ciawi Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i2.218
Nainggolan, R. (2019). Model Manajemen Rantai Pasokan Bisnis Non Start-up
Nurcahya, C., Hernawan, D., & Goris Seran, G. (2020). Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Peran Kepemimpinan Camat. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/2372
Pratama, H. A., S Zenju, N., & Purnamasari, I. (2017). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Penyelenggaraan Diklat Di Pusat Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i1.203
Rafi, M., Rahmawati, R., & Purnamasari, I. (2023). Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola pada Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3202–3212. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11301
Rahmawati, Rita. Ginung Pratidina, & Fardan, M. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pendistribusian Bantuan Mushaf Pada Unit Percetakan Al-Qur’an Kementerian Agama Republik Indonesia. Karimah Tauhid, 2(5), 2294–2312. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10635
Rahmawati, R., Fitriyana, D., Pratidina, G., & Seran, G. G. . (2024). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1349–1361. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11607
Ratnaningsih, HP, Sugandi, YS, & Wiradiputra, IA (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kepuasan Dalam Pembuatan E-Ktp Di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Jurnal Publicuho , 6 (1), 106-118.
Rifaldi, R., Harahap, RH, & Hartono, B. (2022). Kualitas Pelayanan Pegawai dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kutacane, Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan, Humaniora dan Ilmu Sosial (JEHSS) , 5 (2), 1620-1629.
Saputra, M. A., Maksudi, B. I., & Hernawan, D. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Di Ppmkp Ciawi Bogor The Analysis Of Service Quality At Ppmkp Ciawi Bogor. Jurnal Governansi, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i2.211
Seran, G. G., Syahrin, F. A., & Mulki, R. D. I. M. (2024). Analisis Kinerja Pegawai Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Karimah Tauhid, 3(2), 1703-1708.
Suparman, D., & S Pd I, M. M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Beberapa Desa Di Kecamatan Kebon Pedes Kabupaten Sukabumi: Manajemen sumberdaya manusia. Ekonomedia, 10(01), 11-22.
Urbaningrum, RN, & Nendi, I. (2023). Analisis Kinerja Aparatur Pemerintahan Dalam Memberikan Pelayanan Publik Dikantor Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan (Studi Kasus Pelayanan Pembuatan E-KTP). Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan , 14 (5), 503-520.
Utami, A. A., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang. Jurnal Governansi, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.3042
Buku:
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:
Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:
Bandung.
Sugiyono. (2022) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi 2, cetakan ke 29. Bandung: ALVABETA CV.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ika Sartika, Rita Rahmawati, Afmi Apriliani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.