PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN CAMAT

Authors

  • Cecep Nurcahya Djuanda University
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • Gofrinus Goris Seran Universitas Djuanda

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat pegawai tidak tepat waktu dalam melaksanakan tugas, adanya pegawai yang bekerja jika pimpinan/camat di tempat, kurangnya disiplin kerja, kurangnya kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan; kemampuan kerja yang kurang baik, berdampak pada penyelesaian pekerjaan, kurang semangat untuk meningkatkan kinerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan camat terhadap kinerja pegawai, dan menjelaskan pegawai yang tidak tepat waktu menyelesaikan tugasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu menjelaskan peran kepemimpinan camat terhadap peningkatan kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan di salah satu Kecamatan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan yang dilakukan oleh Camat diperoleh 3,70 yang menunjukan kriteria baik, sedangkan 3,37 pada kategori cukup baik yaitu indikator partisifatif. Sementara itu, kinerja pegawai berada pada kategori cukup baik dengan penilaian 3,34. Analisa  Pengaruh antara kepemimpinan dengan kinerja melalui Product Moment menunjukan taraf kesalahan 10% nilai Rho 0,917 dengan kategori sangat kuat, dan uji signifikan t = 29,775.

References

A.P, H., Zenju, N. S., & Purnamasari, I. (2016). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Penyelenggaraan Diklat Di Pusat Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Pertanian (Ppmkp) Ciawi Bogor. Jurnal GOVERNANSI ISSN 2442-3971, 2(April), 20–30.

Diniaty, D., & Fairus, M. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Perpustakaan Uin Suska Riau. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, ISSN 1693-2390 Print/ISSN 2407-0939 Online, 11(2), 297–304.

Hanifah, I., Pratidina, G., & Seran, M. Y. (2018). Kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Melaksanakan Program Pengurangan Angka Pengangguran. Jurnal GOVERNANSI P-ISSN 2442-3971; e-ISSN 2549-7138, 4(1 (April)), 21–32.

Khairizah, A., Noor, I., & Suprapto, A. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(7), 1268–1272.

Khairunnisa, C., Yasin, Y., & Irawaty. (2019). Analisis kinerja petugas ppsu dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di kelurahan balekambang. Administratie: Jurnal Administrasi Publik, ISSN: 2715-2499, 2(1), 22–29.

Maulana, I., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Upt Puskesmas Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI ISSN:2442-3971; E-ISSN:2549-7138, 3(1 (April)), 31–40.

Nawawi, I. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan Dan Kinerja. Yogyakarta: Kencana Prenamedia Group.

Priansa, D. J., & Suwatno. (2011). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.

Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan disiplin kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1 (Agustus 2016)), 204–214.

Sugiyono. (2013). Administrative Research Methods. Bandung: ALFABETA.
Sulistiyani, T., A., & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Talasaz, Z. H., Saadoldin, S. N., & Shakeri, M. T. (2014). The relatinship between Job Satisfaction and Job Performance among Midwives Working in Healthcare of Mashhad, Iran. Journal of Midwivery & Reproductive Health, 2(3), 157-164.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan dalam manajemen (Cetakan ke-15). Jakarta: Rajawali Press.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-10-27

How to Cite

Nurcahya, C., Hernawan, D., & Goris Seran, G. (2020). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN CAMAT. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/2372
Abstract viewed = 169 times