Upaya Akun Instagram @Uzopms sebagai Media Promosi dalam Menjadikan Brand Awareness Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.14009Keywords:
Promosi, brand awareness, konsumenAbstract
Di Indonesia, Instagram adalah salah satu platform internet paling populer, terutama untuk pemasaran produk. Diantaranya adalah @uzopms, yang menggunakan Instagram untuk meningkatkan pengenalan merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek @uzopms dalam rangka meningkatkan minat konsumen dan pengenalan produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ada dua jenis teknik pengumpulan data: pertama, data primer yang diperoleh langsung dari bidang penelitian melalui pengamatan, wawancara dengan pemilik, karyawan, dan beberapa pengikut Instagram @uzopmm, dan kedua, data sekunder yang dikumpulkan dari penelitian literatur, yang meliputi buku, jurnal, dan internet. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram dapat digunakan untuk membuat konten yang menarik dan mendidik, seperti gambar produk, video tutorial sulap, trik sulap, dan testimonial pelanggan, untuk meningkatkan kesadaran merek melalui manajemen media sosial. Hal ini dapat menarik perhatian dan meningkatkan minat konsumen terhadap penawaran Uzop Magic.
References
Ardianto, Elvinaro (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Speaking Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azaria, P. A. (2014). Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word Of Mouth dan Efektivitas iklan Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 No. 1 Agustus 2014.
Buana, A. F., Azizah, N., Pratami, R., & Margaretha, L (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng SS dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. Jurnal Riset Komunikasi: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRKom.
Durianto, dkk (2004). Brand Equity Ten : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Evawani Elysa Lubis, Viny Putri Fauzi. Februari 2016. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media Marketing Er-corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, Februari 2016.
Mahendra, K. P., Indriyani, R. (2018) ‘Cv Mitra Perkasa Utomo’, Agora, 7(1). RIVA’I, M. (2019) . Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menumbuhkan Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Zianturi Kursus Musik). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),pp. 1689-1688.
Monavia Ayu Rizaty. (2023, September 8). "Ada 116,16 Juta Pengguna Instagram di RI hingga Agustus 2023, dari https://dataindonesia.id/internet/detail/ada-11616-juta-pengguna-instagram-di-ri-hingga-agustus-2023.
. (2024, Januari 10). "Dara Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia (Desember 2018 – Desember 2023), dari https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia-desember-2018desember-2023.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Nurudin. (2013, November 2). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Komunikasi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah.
Prof. Dr. Ujang Sumarwan, M. Sc. (2012) Model Keputusan Konsumen. Modul 1, Menguraikan arti konsumen dan perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Penerbit Ekma5317/ Modul 1.
Sumarwan, U., Ahmad J., Asep M., Bagio N. K., Ponti K. M., Wahyu N. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press.
Susanto, Afrina Sari. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Jam Tangan Metoa Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Volume 6, Nomor 1, 2020. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
Yopy Triski Murdana, Bethani Suryawardani. 2019. Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Awareness Pada PT Dealpro Indonesia Bandung 2019. Volume 5, Nomor 2, 2019. Bandung: Universitas Telekomunikasi (Program Studi D3 Manajemen Pemasaran).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Kurniawan, Koesworo Setiawan, Desi Hasbiyah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.