Metode-Metode Dalam Pembelajaran Bahasa: GTM (Grammar Translation Method) The Direct Method, Audio Lingual, The Silent Way
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13220Keywords:
Metode, Metode GTM, The Direct Method, Audio Lingual, The Silent WayAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran tentu tidak lepas dari metode pengajaran, agar kegiatan berjalan dengan baik tentu perlu adanya metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. sehingga guru agar bisa membuat Susana kelas menjadi lebih menyenangkan dan menarik. peneliti ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai metode GTM (Grammar Translation Method), The Direct Method, Audio Lingual, The Silent Way. Dalam metode ini membahas tentang prinsip-prinsip, pendekatan masing masing metode. Tujuan dari peneliti agar dapat menambah pemahaman tentang metode-metode pengajaran dikelas, Metode ini juga dapat mempermudah guru untuk menggunakan metode metode tersebut. penelitian yang digunakan yaitu observasi pada saat presentasi di kelas, dan kajian literatur, dimana metode kajian literatur ini mengumpulkan sumber data, membaca, yang berkaitan dengan hal apa saja yang akan di perlukan dalam kajian literatur ini.
References
Amertawengrum, I. P. (2019). Direct Method sebagai Sebuah Metode Pembelajaran Bahasa. Jurnal Magistra, ISNN 0215-(95), 8–13.
Anisa, & Febriani Sya, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512
Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12.
Lindawati, N. P., & Sengkey, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Teknik Role Play Pada Siswa Kelas X SMA Dwijendra Denpasar. 1(1), 1–7.
Lutfiyah, L. (2020). Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab diMI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung. Al Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar., 5(2), 53–68.
Mainandir, L., & Suri, M. (2022). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive. Journal of Education Science (JES), 8(2), 293–297.
Mardhotillah, N. F. (2015). Metode Terjamahan Tata Bahasa Dalam Pembelajaran Membaca Karangan Eksposisi. Lokabasa, 6(2), 141–150. https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2.3164
Meliyawanti, M., & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23. http://www.jkqh.uniqhba.ac.id/index.php/literasi/article/view/152
Noviani, R. (2019). Bab I Pendahuluan. september 2016, 1–6.
Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.
Oktaviani, I., Fitriani, D., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Audio Lingual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 10, no. 2, 231–236. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/806
Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.
Saleh, N. J. (2015). Kompetensi Bahasa Inggris Bagi Pustakawan Sebagai Manajer Informasi Di Era Globalisasi. Jupiter: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Komputer, XIV(1), 52–59.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Rachmadi, S. S. (2020). Metode Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Sekolah Dasar. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 23. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Widyasari, F. E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus di Sekolah Internasional. Jurnal Edutama, 31–46.
Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 1(5), 82–97.
Yani, D. (2016). Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 10(1), 9. https://doi.org/10.24036/ld.v10i1.6325
Yusuf, S., 1, A.-A., Putra, S., & Mokodenseho, S. (2023). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima’ di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta. Journal of Education Research, 4(4), 1839–1845.
Zulfitri, N. (2019). Sebuah Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Umn Al – Washliyah Medan, Tahun Pelajaran 2019-2020 ( Analisa Studi Psycholinguistics ). Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 580–589. file:///C:/Users/asus/Downloads/598-Article Text-2142-1-10-20210107.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Khoirunnisa, Shofia Saniah Nuriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.