Implementasi Model Perencanaan Pembelajaran yang Sistematis
Main Article Content
Abstract
Perencanaan adalah salah satu fungsi manajemen yang paling penting. Perencanaan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap berhasil atau tidaknya suatu kegiatan. Oleh karena itu, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana. Bagi lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar, perencanaan menduduki posisi strategis dalam keseluruhan proses pendidikan Perencanaan merupakan fungsi manajemen yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu kegiatan, termasuk pendidikan dasar. Pembelajaran sebagai interaksi antara guru dan siswa bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa, proses pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan interaksi yang berperan dalam adaptasi siswa terhadap perubahan, guru harus merencanakan pengalaman belajar untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti: Mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah secara kreatif, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andayani, S. (2021). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.
Aryanto, U. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Fitri, A. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1
Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399
Lase, F. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22
Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1096
Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.
Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404
Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 1(1), 68.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Sya, M. F., Anoegrajekti, N., & Dewanti, R. (2023). Moral Value of Fantasy Literary: A Critical Discourse. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 5(3), 210–221. https://doi.org/10.30997/ijsr.v5i3.355
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Widyanto, I. P. (2020). Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Hindu. 3(1), 74–85.
Widyasari, Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2018). Buku PerencanaanPembelajaran. (p. 73).
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481