Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi dan Tujuan

Main Article Content

Siti Maulida Rahmalia
Neng Diva Sabila

Abstract

Sebelum memulai pembelajaran, guru menyusun rencana yang terstruktur untuk memastikan kelancaran dan efektivitas proses pembelajaran. Rencana ini penting karena membantu guru mengatur langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran siswa dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menyusun rencana pembelajaran yang efektif, guru memastikan bahwa semua aspek pembelajaran dipertimbangkan, termasuk metode pengajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan pemanfaatan sumber daya yang relevan. Rencana pembelajaran juga memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam mengelola waktu pembelajaran dan merancang kegiatan yang menarik minat serta memotivasi siswa. Oleh karena itu, rencana pembelajaran bukan hanya merupakan dokumen formal, tetapi juga menjadi instrumen penting dalam menjamin kelancaran dan pencapaian tujuan pembelajaran dengan efektif.

Article Details

How to Cite
Rahmalia, S. M., & Sabila, N. D. (2024). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi dan Tujuan. Karimah Tauhid, 3(5), 6014–6023. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13275
Section
Articles

References

Ananda, R. (2019). PERENCANAAN PEMBELAJARAN.

Andayani, S. (2021). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.

Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, V(1), 65–75.

Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Nana Syaodih S, R. I. (2014). Perencanaan Pengajaran. 02(01), 1–13.

Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Widyasari, Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2018). Buku PerencanaanPembelajaran. (p. 73).

Most read articles by the same author(s)