Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi dan Tujuan
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13275Keywords:
Perencanaan, Pembelajaran, Fungsi dan TujuanAbstract
Sebelum memulai pembelajaran, guru menyusun rencana yang terstruktur untuk memastikan kelancaran dan efektivitas proses pembelajaran. Rencana ini penting karena membantu guru mengatur langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran siswa dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menyusun rencana pembelajaran yang efektif, guru memastikan bahwa semua aspek pembelajaran dipertimbangkan, termasuk metode pengajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan pemanfaatan sumber daya yang relevan. Rencana pembelajaran juga memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam mengelola waktu pembelajaran dan merancang kegiatan yang menarik minat serta memotivasi siswa. Oleh karena itu, rencana pembelajaran bukan hanya merupakan dokumen formal, tetapi juga menjadi instrumen penting dalam menjamin kelancaran dan pencapaian tujuan pembelajaran dengan efektif.
References
Ananda, R. (2019). PERENCANAAN PEMBELAJARAN.
Andayani, S. (2021). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.
Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, V(1), 65–75.
Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.
Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679
Nana Syaodih S, R. I. (2014). Perencanaan Pengajaran. 02(01), 1–13.
Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Widyasari, Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2018). Buku PerencanaanPembelajaran. (p. 73).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Maulida Rahmalia, Neng Diva Sabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.