Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Letak Geografis Indonesia Siswa Kelas 5 SD Mutiara Islami Plus Menggunakan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Metode Diskusi dan Media Power point

Main Article Content

Siti Mukibati

Abstract

Berdasarkan temuan pada kegiatan pembelajaran menemukan bahwa tingkat hasil belajar dari materi letak geografis Indonesia siswa- siswi kelas V SD Mutiara Islami Plus masih rendah. Berdasarkan fakta dari temuan tersebut, maka penyelesaian masalah pembelajaran tersebut dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Studu kasus sederhana. Dimana kegiatan yang dilakukan yaitu berupa tahap perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi kegiatan. Dalam kegiatan ini subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Mutiara Islami Plus, yang berjumlah 19 peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan secara sistematis, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada materi letak geografis Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw dapat memberikan hasil yang optimal dalam pembelajaran dikelas salah satunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dapat dilihat hasil belajar dari sejumlah 19 peserta didik mendapatkan hasil 94% nilainya diatas KKM dan hanya 5% peserta didik mendapatkan nilai dibawah KKM. Oeh sebab itu model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw ini merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Mukibati, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Letak Geografis Indonesia Siswa Kelas 5 SD Mutiara Islami Plus Menggunakan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Metode Diskusi dan Media Power point. Karimah Tauhid, 2(6), 2988–2992. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11221
Section
Articles

References

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117-123.

Arta, I. M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Tenganan semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Action : Jurnal inovasi penelitian tindakan kelas dan sekolah, 1(1), 9-21.

Aliyyah, R. R., & Herawati, H. (2017, June). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).