Implementasi e-Government melalui Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SiBadra) terhadap Kepuasan Masyarakat

Main Article Content

Reza Gustina
Euis Salbiah
Faisal Tri Ramdani

Abstract

Mengetahui bagaimana pengaruh implementasi pemerintahan berbasis digital di Kecamatan Bogor Timur terhadap kepuasan masyarakat merupakan tujuan utama penelitian ini. Dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif asosiatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka. Beberapa metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji korelasi rank spearman, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Perolehan yang dihasilkan dalam penerapan e-government memiliki efek positif terhadap kepuasan masyarakat di wilayah Kecamatan Bogor Timur. Terdapat korelasi antara Implementasi e-government dan kepuasan masyarakat, seperti yang ditunjukan oleh nilai r hitung (Correlation Coefficient) ≥ r tabel. Pengaruh Implementasi e-Government (x) terhadap kepuasan masyarakat (y) berdasarkan analisis ujit t yang dilakukan memperoleh skor signifikansi seberas 0,000 > 0,05. Nilai t tabel sebesar 1,1670 < nilai t hitung sebesar 19,138, sehingga mengakibatkan ha diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat dampak yang cukup besar dari implementasi e-Government terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan koefisiensi determinasi yang dihasilkan adalah 0,859, ini berarti kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh 85,9% Implementasi e-government dan 14,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan skor rata-rata sebesar 4,15 maka implementasi e-Government pada SiBadra yang ditangani Dinas Kominfo Kota Bogor masuk dalam kategori baik. Penilaian tertinggi diperoleh pada dimensi inovasi (innovation) yang memperoleh skor rata-rata 4,22 dengan indikator aplikasi memiliki customer service selama 24 jam dan adanya pilihan untuk mempublikasikan data diri atau tidak. Kepuasan masyarakat terhadap sistem informasi sudah dalam kategori baik dengan memperoleh total skor rata-rata yang diperoleh yaitu 4,14. Dimensi ketepatan waktu (timeliness) merupakan skor tertinggi pada varibel ini dengan skor rata-rata yang dimiliki yaitu 4,23 dengan indikator memberikan berita terkini.

Article Details

How to Cite
Gustina, R., Salbiah, E. ., & Ramdani, F. T. (2024). Implementasi e-Government melalui Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SiBadra) terhadap Kepuasan Masyarakat. Karimah Tauhid, 3(4), 5131–5142. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13054
Section
Articles

References

Bansaleng, E. B. C. (2017). KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009. Lex Administratum, 5(2), 20–28.

Dalimunthe, N., & Ismiayi, C. (2016). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) DENGAN METODE EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 71–75.

Damanik, M. P., & Purwaningsih, E. H. (2017). E-GOVERNMENT DAN APLIKASINYA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 151–164.

Nugraha, J. T. (2018). E-GOVERNMENT DAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI TENTANG ELEMEN SUKSES PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN). JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA, 2(1), 32–42.

Rizky, F., Frinaldi, A., & Putri, N. E. (2019). IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM PROMOSI PARIWISATA MELALUI WEBSITE OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PADANG. Journal of Maultidisciplinary Research and Development, 1(3), 507–514.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi 2, cetakan ke 29. Bandung: ALVABETA CVr

Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi dalam Mendukung Implementasi E-Government E-Kelurahan Application for Administrative Service Improvement in Supporting E-Government Implementation. 20(2), 379–388. https://doi.org/10.30812/matrik

Peraturan Perundang-undangan:

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembang e-government

Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2010 pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008

Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pelayanan Penanganan Pengaduan Masyarakat dijelaskan bahwa Aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>