Metode Pemasaran Rumah Makan di Kota Bogor dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Main Article Content

Irwan Prasetyo
Ali Alamsyah Kusumadinata
Muhammad Luthfie

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk menyampaikan, mempengaruhi, dan mengingatkan konsumen mengenai produk dan merek yang mereka tawarkan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Shopeefood, sebuah fitur layanan yang disediakan oleh platform aplikasi Shopee, telah menjadi favorit di antara pengguna . Layanan ini hanya bekerja sama dengan restoran yang telah terdaftar dan bermitra dengan Shopee, sehingga memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada konsumen. Shopeefood memungkinkan pengguna untuk memesan makanan secara online melalui aplikasi Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui aplikasi Shopeefood dapat meningkatkan volume penjualan bagi para pelaku usaha kuliner di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan survei yang mengutamakan kualitas. Pengumpulan data dilakukan melalui Studi Kepustakaan dan Studi Lapangan, termasuk wawancara, pemilihan narasumber, dan observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran menggunakan aplikasi Shopeefood memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan volume penjualan. Promosi penjualan dan pemasaran interaktif yang dilakukan oleh para pelaku usaha, yang sebelumnya hanya mengandalkan penjualan offline, mampu meningkatkan penjualan setelah menggunakan aplikasi Shopeefood.

Article Details

How to Cite
Prasetyo , I., Kusumadinata, A. A., & Luthfie, M. . (2024). Metode Pemasaran Rumah Makan di Kota Bogor dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Karimah Tauhid, 3(4), 4331–4341. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12831
Section
Articles

References

Cahyani, A., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2022). Social Media Marketing Ukm Chika Furniture Melalui Instagram. Karimah Tauhid, 1(4), 1-11.

Chong, D., & Ali, H. (. (2022). Literature Review: Competitive Strategy, Competitive Advantages, And Marketing Performance On E-Commerce Shopee Indonesia. Dinasti International Journal Of Digital Business Management, 3(2), 299-309. Doi: Https://Doi.Org/10.31933/Dijdbm.V3i2.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. . Jurnal Ecoment Global,, 5(2), 213-222.

Malik, T., Kusumadinata, A., & Hasbiyah, D. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. Karimah Tauhid, 2(1), 26-35. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.7496

Melisa, N. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Elektronik Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Studi Kasus Konsumen Pizza Hut Indonesia Jabodetabek). Jakarta: Uin Syarief Hidayatullah.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja. Rosdakarya.

Mudin, Pratidina, G., & Kusumadinata, A. A. (2023). Bentuk Promosi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Karimah Tauhid, 2(5), 1520–1531. Doi:Doi: Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i5.10097

Naufal, F. (2023). Difusi Inovasi Shopeefood Pada Mitra Pengemudi Di Kota Bogor (Bachelor's Thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi . Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurhikma, N. (2022). Strategi Pemasaran Umkm Dalam Upaya Mempertahankan Perekonomian Pada Umkm Ksm Tenggiri Kelurahan Lappa. Skripsi. Sinjai: Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Nurkasanah, I., Alami, Q. S., Mahendrawathi, E. R., Indraswari, R., Wibowo, R. P., & Lakoro, R. (2023). Platform Knowledge-Based Website Untuk Meningkatkan Visibilitas Umkm Di Sektor Perikanan. Sewagati, 7(3), 306-318.

Saepul, A., Kusumadinata, A. A., & Setiawan, K. (2024). Aplikasi Discord Sebagai Media Komunikasi Kelompok Dalam Tim Pengembang Keepcalm. Karimah Tauhid, 3(3), 3081–3087. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i3.12181.

Saputri, R. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau Yang Pernah Melakukan Pembelian Online Melalui E-Commerce Shopee). Skripsi. . Riau : Universitas Islam Riau.

Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2019). Characteristics Of The Digital Marketing Advantages And Disadvantages. . In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering , Vol. 940, No. 1, P. 1-9. Doi 10.1088/1757-899x/940/1/012065.

Wahab, D. A., Anggadini, S. D., Yunanto, R., & D.S., S. (2023). Ekosistem Bisnis & Transformasi Digital Perspektif Keberlanjutan Usaha Kecil Kuliner. Banten : Cv. Aa. Rizky .

Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, Sunarsi, D., Haudi, Prasada, D., . . . Musnaini. (2020). Digitalisasi Umkm . Solok : Icm Publisher .

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>